Terungkap! Ini Alasan Shin Tae-yong Hobi Andalkan Pemain Muda di Timnas Indonesia

Terungkap! Ini Alasan Shin Tae-yong Hobi Andalkan Pemain Muda di Timnas Indonesia

Olahraga | inews | Rabu, 4 September 2024 - 14:00
share

JEDDAH, iNews.id - Shin Tae-yong membongkar alasan mengapa lebih suka mengandalkan pemain muda di timnya. Dia ingin mengubah mental anak buahnya sejak dini.

Shin Tae-yong sudah menjabat sebagai kepala pelatih Timnas Indonesia sejak 2019. Di awal kedatangannya, pelatih Timnas Korea Selatan itu langsung melakukan revolusi besar-besaran di skuad Timnas Indonesia.

Shin sempat memotong generasi skuad Timnas Indonesia hingga terbentuk seperti saat ini. Dia menyaring banyak pemain muda terbaik untuk bergabung dengan timnya. Shin mengakui, tindakannya ini bukan tanpa alasan.

Sejak saya datang pertama kali, saya langsung mengganti para pemain yang ada dengan pemain muda, kata Shin dikutip dari kanal Youtube Timnas Indonesia Official, Rabu (4/9/2024).

Sebenarnya di sini, para pemain Timnas yang ada dari segi makanan maupun latihan lebih memilih sesuatu yang nyaman bagi mereka sendiri, dan karena kebiasaan itu, saya tidak bisa mengubah mereka seperti yang saya inginkan, sambungnya.

Problem itu membuat Shin Tae-yong memikirkan cara untuk memperbaiki Timnas Indonesia. Pelatih berusia 53 tahun itu kemudian mencari pemain muda terbaik agar bisa dikembangkan potensinya.

Dari situ saya memikirkan cara lain, yaitu menggunakan lebih banyak pemain muda. Harapan saya adalah saya bisa mengubah mental mereka sejak dini. Itulah yang saya lakukan saat ini. Merupakan kesempatan saya untuk mengembangkan potensi mereka, jelas Shin.

Shin menganggap metode ini berhasil merubah kebiasaan serta mental para pemain Timnas Indonesia. Hasilnya, Skuad Garuda berkembang dan bersaing di kancah sepak bola Asia seperti Piala Asia serta Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Sejauh ini saya rasa rencana saya sudah berjalan dengan baik. Sudah terlihat hasilnya, ujar Shin.

Saat ini, Shin Tae-yong dan anak asuhnya sedang bersiap untuk tampil di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mereka akan melakoni laga pertama melawan Arab Saudi di King Abdullah Sports City, Jeddah pada Jumat (6/9/2024) pukul 01.00 WIB.

Topik Menarik