Elon Musk: Pesawat Antariksa Berawak Pertama Diterbangkan ke Mars dalam 4 Tahun ke Depan

Elon Musk: Pesawat Antariksa Berawak Pertama Diterbangkan ke Mars dalam 4 Tahun ke Depan

Terkini | inews | Minggu, 8 September 2024 - 08:21
share

WASHINGTON DC, iNews.id Pengusaha miliarder AS, Elon Musk, berambisi untuk meluncurkan penerbangan pertama pesawat ruang angkasa Starship tanpa awak ke Mars dalam dua tahun ke depan. Tak hanya itu, dia juga menginginkan misi berawak ke planet merah tersebut dapat dilakukan dua tahun kemudian.

Starship pertama ke Mars akan diluncurkan dalam 2 tahun saat jendela transfer Bumi-Mars berikutnya dibuka. Pesawat ini akan tanpa awak untuk menguji keandalan pendaratan utuh di Mars. Jika pendaratan tersebut berjalan dengan baik maka penerbangan berawak pertama ke Mars akan dilakukan dalam 4 tahun ke depan, kata Musk di platform media sosial X.

Orang terkaya di dunia itu mengatakan, frekuensi penerbangan ke Mars setelah empat tahun itu akan mulai tumbuh secara eksponensial. Dia pun membayangkan manusia dapat membangun kota mandiri di Mars dalam waktu sekitar 20 tahun.

Menjadi multiplanet akan sangat meningkatkan kemungkinan umur kesadaran, karena kita tidak akan lagi memiliki semua sel telur kita, secara harfiah dan metabolik, di satu planet, ujarnya.

Menurut catatan Musk, biaya yang dibutuhkan saat ini untuk mengirimkan muatan ke Mars diperkirakan mencapai sekitar 1 miliar dolar AS (Rp15,46 triliun) per ton.

Itu perlu ditingkatkan menjadi 100.000 dolar AS/ton untuk membangun kota mandiri di sana, jadi teknologinya harus 10.000 kali lebih baik. Sangat sulit, tetapi bukan tidak mungkin, katanya.

SpaceX yang dipimpin Musk sedang membangun pesawat ruang angkasa Starship yang kuat untuk penerbangan luar angkasa jarak jauh di masa mendatang. Sejauh ini, empat uji terbang telah dilakukan, hanya yang terakhiryang dilakukan pada awal Juniyang berhasil diselesaikan.

Topik Menarik