Disnaker Jakarta akan Cek Perusahaan Animasi Menteng Diduga Eksploitasi Pekerja

Disnaker Jakarta akan Cek Perusahaan Animasi Menteng Diduga Eksploitasi Pekerja

Terkini | inews | Senin, 16 September 2024 - 22:23
share

JAKARTA, iNews.id - Dinas Ketenagakerjaan Provinsi DKI Jakarta bakal memeriksa perusahaan animasi Brandoville Studios di Menteng, Jakarta Pusat. Perusahaan itu diduga mengeksploitasi dan melakukan kekerasan terhadap karyawan.

“Tim Pengawas Ketenagakerjaan dan PPNS Dinas Nakertransgi Provinsi DKI Jakarta bersama tim Pengawas Sudin Nakertransgi Jakarta Pusat akan melakukan pemeriksaan lanjutan,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho, Senin (16/9/2024).

Adapun pemeriksaan lanjutan ini akan dilakukan, Selasa (17/9/2024) besok. Hari tak merinci apa yang akan didalami pada pemeriksaan kali ini.

“Besok tanggal 17 September 2024 (pemeriksaan lanjutan),” kata dia.

Apabila nantinya perusahaan tersebut terbukti melakukan pelanggaran pidana, maka Dinas Ketenagakerjaan akan menindaklanjuti kasus itu ke tingkat penyidikan. Disnaker juga akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait kasus ini.

“Dalam hal perusahaan terbukti melakukan pelanggaran pidana terkait ketenagakerjaan maka tim PPNS Dinas Nakertransgi akan menindaklanjuti ke tingkat penyidikan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya,” tuturnya.

Sementara itu, polisi akan menyelidiki lebih lanjut akan dilakukan oleh Polres Jakarta Pusat dengan memeriksa tiga saksi, yang juga merupakan mantan karyawan di perusahaan yang sama. 

Ketiga saksi dijadwalkan untuk memberikan keterangan terkait pelanggaran ketenagakerjaan pada Selasa (17/9/2024).

“Jadwal pemeriksaan dilakukan besok pukul 11.00 di ruang penyidik Unit PPA Satreskrim Polres Jakarta Pusat,” kata Kasat Reskrim Polres Jakpus Muhammad Firdaus.

Topik Menarik