Ridwan Kamil Janji Gratiskan Sekolah Swasta di Jakarta untuk Siswa Kurang Mampu

Ridwan Kamil Janji Gratiskan Sekolah Swasta di Jakarta untuk Siswa Kurang Mampu

Terkini | inews | Senin, 16 September 2024 - 19:14
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta Ridwan Kamil (RK) bakal menggratiskan biaya untuk siswa kurang mampu untuk sekolah swasta. Dia menegaskan sekolah gratis sebenarnya untuk memperkuat progamnya terkait pendidikan.

"Jadi buat keluarga prasejahtera itu gratis tidak hanya di (sekolah) negeri tapi di swasta," ucap RK di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (16/9/2024).

Dia menjelaskan sekolah swasta yang gratis bagi siswa prasejahtera nantinya masih dalam jangkauan Pemprov Jakarta.

"Tapi swasta yang masuk dalam jangkauan dari Pemprov DKI," ujarnya.

Sementara itu, dikutip dari visi misi pasangan RK - Suswono yang telah diserahkan ke KPUD Jakarta, sekolah gratis yang disediakan akan memiliki kualitas yang tinggi.

"Menyediakan sekolah gratis yang berkualitas tinggi di seluruh Jakarta, sehingga setiap anak memiliki kesempatan yang setara untuk memperoleh pendidikan yang layak, tanpa terhalang oleh biaya," tulis visi misi RK - Suswono.

Sebelumnya, RK-Suswono juga merancang program makan gratis di Jakarta. Program ini meniru program makan siang gratis pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Apabila program makan gratis Prabowo-Gibran menyasar anak sekolah, maka program RK-Suswono ditujukan kepada elemen masyarakat lainnya. Suswono mencontohkan pengemudi ojek online (ojol) bisa masuk daftar penerima makan gratis.

"Salah satu di antaranya yang sudah mulai terbesit adalah para ojol itu, supaya mereka bisa makan siang gratis," kata Suswono di Jakarta Selatan, Minggu (8/9/2024).

Topik Menarik