Indonesia Masih Gusar Anak Petinggi Naik Jet Pribadi, Sri Paus Justru Naik Pesawat Komersil

Indonesia Masih Gusar Anak Petinggi Naik Jet Pribadi, Sri Paus Justru Naik Pesawat Komersil

Terkini | sumba.inews.id | Selasa, 3 September 2024 - 14:40
share

JAKARTA, iNewsSumba.id Paus Fransiskus sejatinya bisa memanfaatkan fasilitas yang bisa saja ditwarkan atau disiapkan untuknya baik itu jet pribadi ataupun mobil mewah dalam setipa kunjungannya. Namun, sosok ini tidaklah demikian, dirinya datang ke Indonesia justru penuh kesahajaan, padahal hingga kini warga Indonesia masih ad ayang gusar dengan ulah anak pejabat atau bahkan petinggi negara yang menggunakan fasilitas berlabel mewah yang untuk diimpikan saja enggan dilakukan.

Pemimpin Agama Katholik sedunia itu justru datang ke Indonesia, Selasa (3/9/2024) dengan pesawat komersil. Dan bahkan selama di negeri yang disebut junjung tinggi tata krama ini akan menggunakan mobil layaknya warga sipil.

Civil car (mobil sipil) yang digunakan oleh Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Zenix ya, jelas Ketua Panitia Kedatangan Paus Fransiskus, Ignatius Jonan, dikutip Selasa (3/9/2024) pagi lalu.

Sri Paus juga tidak menginap di hotel mewah namun memilih untuk beristirahat di Kedubes Vatikan di Jakarta.

Pesawat yang membawa Paus Fransiskus juga jenis pesawat komersial biasa bukanlah maskapai Jet mewah yang selalu jadi incaran para pesohor atau bahkan untuk menjadikan dirinya pesohor. Adalah pesawat milikITA Airways yang digunakan Sri Paus dan rombongan.

Menariknya sebagaimana dilansir dari Simple Flying dalam setipa kunjungannya Sri Paus dan rombongan Vatikan selalu menyertakan kelompok pers di dalam pesawat yang meliput perjalanan dan kunjungan Paus.

Hal yang juga menarik dicermati, Sri Paus datang dengan pesawat ITA Airways dari Italia namun saat kembali nantinya justru bisa memilih terbang dengan maskapai penerbangan nasional atau tuan rumah tempatnya berkunjung.

Untuk menjamin kenyamanannya, Paus di tempatkan di kelas bisnis. Namun jika penerbangannnya membutuhkan waktu panjang, Paus Fransiskus tetap menyempatkan diri untuk pergi ke bangku kelas ekonomi. Hal itu dilakukannya baik untuk berikan konferensi pers dadakan pada para awak media, juga untuk memberkati negara yang dilintasinya. Bisa pula untuk sekedar ngobrol dengan para jurnalis. Demikian dikutip dari The Points Guy, salah satu media yang beberapa kali ikut dalam rombongan Kepausan itu.

Semoga sejumlah teladan baik penuh kerendahan hati yang dilakukan Paus Fransiskus ini bisa menular ke para pejabat di NKRI. Melahirkan kesajahaan dari lubuk hati bukan semata untuk kamuflase tuk melanggengkan kekuasan bagi diri, kroni dan keluarga. Selamat Datang di Negara Pancasila dan Berbhineka Tungggal Ika ini Sri Paus.

Topik Menarik