Viral Kecelakaan Beruntun Hari Ini di Tol MBZ, akibat Ngekor Iring-iringan Mobil Patwal

Viral Kecelakaan Beruntun Hari Ini di Tol MBZ, akibat Ngekor Iring-iringan Mobil Patwal

Terkini | sragen.inews.id | Minggu, 15 September 2024 - 18:10
share

JAKARTA, iNewsSragen.id - Sebuah video yang memperlihatkan tabrakan beruntun di jalan tol layang MBZ dari Jakarta menuju Cikampek tengah menjadi viral di media sosial. Video tersebut, diunggah oleh akun Instagram @dascam_owners_indonesia, menunjukkan bagaimana tabrakan beruntun terjadi akibat kendaraan sipil yang mengikuti iring-iringan mobil patwal dari kepolisian.

Dalam video tersebut, tampak bahwa kendaraan sipil mengikuti iring-iringan mobil patwal dengan jarak yang sangat dekat dan kecepatan tinggi. Ketika mobil patwal melambat atau berhenti, kendaraan di belakang mengalami kesulitan dalam pengereman, yang menyebabkan tabrakan beruntun dan kerusakan pada beberapa mobil.

Sonny Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, menjelaskan bahwa perilaku semacam ini sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal. "Pengemudi seperti itu termasuk ke dalam tipe 'Tourist,' yang akan ikut dalam rombongan dan keluar saat mencapai tujuan. Ini sering menimbulkan masalah, terutama dalam kemacetan lalu lintas," ujar Sonny.

Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kendaraan sipil sebenarnya tidak diperbolehkan mengikuti iring-iringan kepolisian. Pasal 134 UU tersebut mengatur pengguna jalan yang memiliki hak utama, seperti kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, dan kendaraan pejabat negara, serta konvoi yang diizinkan oleh petugas kepolisian.

Selain itu, Pasal 135 UU yang sama menjelaskan bahwa kendaraan yang memperoleh hak utama harus dikawal oleh petugas kepolisian dan menggunakan isyarat lampu serta sirene. Pengguna jalan yang mengikuti rombongan ini tanpa hak utama dan tanpa pengawalan polisi dapat dikenakan sanksi.

 

Setelah video kecelakaan ini viral, banyak warganet memberikan komentar dan harapan agar pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan mendapatkan pelajaran. Beberapa komentar di antaranya adalah:

"@azi***: Ngekor patwal? Ditanggung sendiri akibatnya."

"@des***: Kita sudah bisa handle kendaraan sendiri dan sigap hindari benturan atas kendaraan depan kita, tapi belum tentu kendaraan belakang kita bisa sigap antisipasi benturan. Turut prihatin pada yg mengalami musibah tabrakan beruntun... semoga menjadi pelajaran bermanfaat."

"@dhe***: Nih contoh bahaya nya ngintil rombongan yg dikawal."

Peristiwa ini menyoroti pentingnya mematuhi aturan lalu lintas dan menjaga jarak aman, terutama saat mengikuti iring-iringan kendaraan yang dikawal kepolisian.

Topik Menarik