Pengamat Kesehatan Tanggapi soal Makan Siang Gratis yang Murah dan Sehat

Pengamat Kesehatan Tanggapi soal Makan Siang Gratis yang Murah dan Sehat

Terkini | okezone | Kamis, 8 Agustus 2024 - 04:00
share

ISU terkait program makan siang gratis yang dicanangkan presiden dan wakil presiden, Prabowo-Gibran masih menjadi pembahasan di media sosial. Terutama terkait anggaran dan juga menu yang disajikan untuk anak-anak.

Apalagi isu terkait program makan siang gratis ini yang anggarannya dipangkas dari Rp15.000 menjadi Rp7.500 per sekali makan. Lantas adakah makan siang gratis yang gratis dan tetap sehat di era sekarang ini?

Epidemiolog sekaligus Pengamat Kesehatan Masyarakat, dr Dicky Budiman menanggapi isu ini. Menurutnya makanan murah di Indonesia kisaran Rp10.000 sampai Rp15.000. Namun untuk di global, rata-rata tiga dolar Australia (AUD) atau sekira Rp30 ribuan.

"Artinya walaupun relatif kalau saya lihat di Indonesia paling murah Rp10.000 warteg jadi standar ukuranya," ujar dr Dicky saat dihubungi MNC Portal pada Rabu 7 Agustus 2024.

Dokter Dicky menambahkan untuk kategori sehat sendiri, tentunya harus yang memenuhi kriteria nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Terutama menu gizinya seimbang, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat harus terpenuhi.

"Itu harus terpenuhi kebutuhan anak-anak dalam gizinya," ucapnya.

Menurut dr Dicky, program makan gratis di sekolah ini terbukti bermanfaat secara scientific dan bukan hal baru. Namun tentu harus dipahami makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak harus bergizi dan bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka.

"Terus juga harus berkelanjutan, tidak hanya sebulan, setahun, tapi terus berkelanjutan. Itu yang memberikan dampak yang diharapkan yang sesuai scientific tadi," katanya.

Topik Menarik