Audisi Umum PB Djarum Kembali Digelar untuk Bangkitkan Kejayaan Bulu Tangkis Indonesia

Audisi Umum PB Djarum Kembali Digelar untuk Bangkitkan Kejayaan Bulu Tangkis Indonesia

Olahraga | inews | Rabu, 7 Agustus 2024 - 11:03
share

JAKARTA, iNews.id Audisi Umum PB Djarum kembali digelar di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah pada 10 14 September 2024. Proses pencarian bibit pebulu tangkis muda untuk membangkitkan kejayaan bulu tangkis Indonesia di panggung dunia itu membidik tiga Kategori Usia (KU), yakni U-11, KU-11 dan KU12 putra dan putri.

Jumlah pebulu tangkis muda yang telah mendaftarkan diri berjumlah 1,010 peserta, hingga Minggu (4/8/2024). Para peserta tersebut berasal dari berbagai penjuru Indonesia, seperti Aceh, Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur hingga Papua.

Pendaftar terbanyak berasal dari Jawa Tengah dengan 452 atlet. Registrasi masih dibuka hingga 2 September 2024 dengan mengakses laman www.pbdjarum.org.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, mengatakan Audisi Umum yang diselenggarakan setiap tahun tidak hanya bertujuan meregenerasi atlet bagi klub yang bermarkas di Kudus ini, tapi juga memperkuat mata rantai prestasi sehingga Indonesia disegani di panggung dunia melalui cabang olahraga tersebut.

Audisi Umum bukan hanya rutinitas mencari bibit-bibit yang menjadi regenerasi bagi PB Djarum, tapi juga menjadi gerakan menjaga mata rantai prestasi yang bisa membangkitkan kejayaan bulu tangkis Indonesia di panggung dunia, tutur Yoppy.

Untuk itu, di setiap Audisi Umum kami berupaya menemukan pebulutangkis muda berkualitas super yang akan kami asah dengan harapan kelak bisa menjadi juara di level yang paling tinggi yakni Juara Dunia dan Olimpiade, ujarnya.

Audisi Umum PB Djarum diharapkan melahirkan talenta-talenta muda yang bisa mendongkrak prestasi bulu tangkis Indonesia di level internasional. (Foto: PB Djarum)
Audisi Umum PB Djarum diharapkan melahirkan talenta-talenta muda yang bisa mendongkrak prestasi bulu tangkis Indonesia di level internasional. (Foto: PB Djarum)

Yoppy menjelaskan, demi mencapai tujuan besar tersebut, PB Djarum tidak hanya berfokus pada pencarian bibit-bibit berkualitas melalui Audisi Umum, namun juga memberikan kesempatan bagi para atlet muda tersebut untuk uji kemampuan dalam berbagai pertandingan mulai dari level regional, nasional hingga internasional.

Dalam waktu dekat, PB Djarum akan mengirim atlet-atlet mudanya berlaga di Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2024 di Chengdu, China.

Bagi kami, memiliki atlet berkualitas tapi tidak diasah dalam pertandingan yang kompetitif sama saja menyia-nyiakan bakat mereka. Jadi kami rutin mengirim atlet berlaga di berbagai turnamen, termasuk di level internasional agar mereka tahu seperti apa ketatnya persaingan dan kemampuan atlet-atlet mancanegara, Yoppy membeberkan.

Selain itu, dengan jam terbang yang tinggi, atlet-atlet ini juga akan memiliki kepercayaan diri yang besar sehingga memiliki mental yang kuat ketika bertanding di turnamen level dunia, ucapnya.

Demi lebih selektif menemukan bibit-bibit berkualitas, penyelenggaraan Audisi Umum mengalami berbagai perubahan. Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum, Sigit Budiarto, menjelaskan, Audisi Umum PB Djarum 2024 mengadopsi skema yang berbeda dibanding proses seleksi sebelumnya mulai dari pengelompokan usia peserta hingga sistem penilaian.

Dari tahun ke tahun, Audisi Umum selalu mengalami evaluasi dan perubahan, baik itu di kategori usia, proses seleksi juga termasuk di tahap karantina. Pun begitu di tahun ini, perbedaan terbesar ada di pengelompokkan usia dan proses screening, katanya.

Tujuannya tentu dengan perubahan skema seleksi ini kami berharap benar benar menemukan bibit pebulu tangkis berkualitas yang akan meraih Djarum Beasiswa Bulutangkis dan kami asah di PB Djarum sehingga bisa berjuang membawa nama Indonesia di panggung dunia, ujarnya peraih Juara Dunia 1997 bersama Candra Wijaya itu.

Sigit menambahkan, bila biasanya Audisi Umum menyasar dua kategori yakni U-11 dan U-13, pada Audisi Umum 2024 skema tersebut dibuat lebih spesifik dengan membidik tiga Kategori Usia yakni U-11, KU11 dan KU12. Hal ini bertujuan agar para peserta bisa bertemu lawan yang sebanding berdasarkan usia.

Biasanya memang dalam bulu tangkis kita mengenal Under Usia, Misal Under 11 tahun atau Under 13 tahun. Tapi dalam proses seleksi, skema tersebut membuat pertandingan menjadi tidak imbang karena bisa saja yang umur 12 tahun bertemu dengan umur 11 tahun, Sigit menjelaskan.

Karena perbedaan usia itu, tenaganya pun berbeda dan permainan tidak bisa berkembang. Jadi kami membuat terobosan dengan skema Kategori Usia, agar mereka bertanding sesuai dengan usianya sehingga kemampuannya yang sesungguhnya bisa terlihat, paparnya lagi.

Perbedaan lain di Audisi Umum PB Djarum 2024 dibanding proses seleksi serupa pada tahun-tahun sebelumnya terdapat di babak screening. Bila tahun lalu pada fase ini peserta diberi kesempatan 5-10 menit untuk menunjukkan kebolehannya di arena pertandingan, kali ini fase screening mengadopsi pertandingan dengan sistem gugur 1 game hingga poin ke-21 (tanpa deuce/setting). Peserta yang menang akan masuk ke babak turnamen.

Dengan skema babak screening memakai sistem gugur satu games 21 poin ini, tentu akan membuat para peserta merasakan atmosifr pertandingan yang sesungguhnya. Untuk lolos ke babak selanjutnya mereka dituntut menang, ucap Sigit.

Hal ini akan membuat para peserta menunjukkan daya juang, mentalitas dan teknik mereka secara maksimal di tengah lapangan. Sehingga, mereka yang melaju ke babak selanjutnya adalah memang bibit bibit pebulutangkis yang memiliki kualitas super.

Usai fase screening, peserta akan memperebutkan Super Tiket dalam babak turnamen. Di kategori putra, Super Tiket diberikan kepada para semifinalis dan berhak masuk ke Tahap Karantina.

Sementara di kategori putri, peraih Super Tiket yang melenggang ke Tahap Karantina adalah para finalis di babak turnamen. Adapun karantina yang bertujuan melihat potensi dan mentalitas atlet diselenggarakan selama empat minggu dengan dua kali fase eliminasi. Mereka yang lolos di Tahap Karantina akan mendapatkan Djarum Beasiswa Bulutangkis dan bergabung bersama PB Djarum.

Sigit berpesan agar para peserta berlatih optimal jelang Audisi Umum.

Dari kacamata Tim Pencari Bakat PB Djarum, kami mencari atlet yang memiliki kemampuan khusus, punya kelebihan dan ada potensi dari diri peserta dan menurut kami bisa diasah agar semakin berkembang, tuturnya.

Untuk itu, karena waktu penyelenggaraan masih sekitar satu bulan lagi, saya berpesan agar para peserta berlatih optimal, temukan kelebihan kalian baik dari sisi teknik maupun mental sehingga itu bisa jadi pembeda dibanding peserta lainnya.

Agenda Pelaksanaan Audisi Umum Pb Djarum 2024

Kategori Usia
U-11 (untuk peserta dengan umur 8-10 tahun/kelahiran tahun 2014 2016)
KU 11 (untuk peserta dengan umur 11 tahun/kelahiran tahun 2013)
KU 12 (untuk peserta dengan umur 12 tahun/kelahiran tahun 2012)

Pendaftaran Online
Hingga Senin, 2 September 2024 (Pukul 23:59 WIB)

Daftar Ulang
Senin, 9 September 2024 (Pukul 09:00 15:00 WIB)

Tahap Seleksi
10 - 14 September 2024

Tahap Karantina
15 September - 12 Oktober 2024

Topik Menarik