Lodaya Siliwangi Ride 2024, Ajang Balap Sepeda dan Promosi Wisata di Selatan Tasikmalaya dan Pangand

Lodaya Siliwangi Ride 2024, Ajang Balap Sepeda dan Promosi Wisata di Selatan Tasikmalaya dan Pangand

Olahraga | tasikmalaya.inews.id | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 02:21
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id Polda Jawa Barat akan menyelenggarakan ajang balap sepeda bertajuk Lodaya Siliwangi Ride 2024 pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Perlombaan ini akan dimulai dari Alun-alun Kota Tasikmalaya dan berakhir di Pantai Batukaras, Kabupaten Pangandaran, dengan jarak tempuh sekitar 141 kilometer.

Kepala Biro Perencanaan Polda Jabar, Kombes Pol Teguh Trisasongko,menjelaskan, bahwa acara ini digelar untuk merayakan HUT ke-79 RI dan merupakan wujud sinergi antara TNI-Polri, khususnya Kodam Siliwangi dan Polda Jawa Barat.

"Event ini adalah bentuk kolaborasi antara TNI dan Polri, dan kami berharap bisa menjadi ajang latihan fisik yang juga memperkenalkan potensi wisata di Jawa Barat Selatan," ujar Teguh setelah technical meeting pada Jumat (9/8/2024) malam.

Teguh mengundang masyarakat dan komunitas sepeda untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Kami mengajak semua lapisan masyarakat dan komunitas sepeda untuk ikut serta, tidak hanya untuk berlatih atau mencari bibit atlet, tetapi juga untuk mengeksplorasi potensi pariwisata di Jawa Barat," tambahnya.

Saat ini, sekitar 679 peserta telah terdaftar, termasuk masyarakat umum dan anggota TNI-Polri. Di antara peserta TNI-Polri, terdapat sekitar 196 orang, termasuk Polwan, Bhayangkari, dan Persit.

Rute balap sepeda ini akan melintasi jalur di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Jalan Cipatujah, dan berakhir di Pantai Batukaras. Sepanjang rute, akan tersedia tiga Water Station (WS) di kilometer 40, 74, dan 120.

"Rute ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, termasuk gunung, jalur yang menanjak dan menurun, serta pantai digaris finis. Para peserta akan menikmati keindahan alam sepanjang perjalanan," pungkas Teguh.

Topik Menarik