3 Atlet Legendaris Bawa Obor PON Aceh-Sumut, Nurul Akmal Penyulut Kaldron

3 Atlet Legendaris Bawa Obor PON Aceh-Sumut, Nurul Akmal Penyulut Kaldron

Olahraga | inews | Senin, 9 September 2024 - 19:06
share

BANDA ACEH, iNews.id – Ada tiga atlet menjadi pembawa obor dan satu atlet menjadi penyulut api kaldron utama dalam pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024. Agenda ini dihelat di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024) malam.

Anggota tim pelaksana Pembukaan PON XXI Aceh Muhammad Riza mengungkapkan tiga atlet yang membawa obor adalah Tati Ratna Ningsih, Emma Susana Madjaji, dan Alkindi.

Tati Ratna Ningsih atlet lempar lembing yang pernah menjuarai perunggu SEA Games 1993 di Singapura. Alkindi dan Ema Susana Madjaji atlet anggar. Alkindi pernah tampil di Olimpiade Seoul 1988 sekaligus menjadi atlet asal Aceh pertama yang lolos ke olimpiade.

Kemudian yang menyulut api ke kaldron utama adalah atlet angkat besi asal Aceh Utara, Nurul Akmal. Amel, sapaan akrabnya, baru-baru ini mengikuti Olimpiade Paris 2024.

Obor api PON XXI siap dibawa ke Stadion Harapan Bangsa (SHB) setelah tiba di Pendopo Gubernur Aceh pada Sabtu, 7 September 2024. Obor api PON tersebut secara simbolis diserahkan dari Pj. Wali Kota Banda Aceh Ade Surya kepada Pj.

Gubernur Aceh Safrizal ZA. Obor api PON telah bermalam di Pendopo Wali Kota Banda Aceh pada Jumat, 6 September 2024. Sumber api obor PON XXI Aceh-Sumut tersebut diambil dari Gunung Merapi Jaboi, Sabang.

Ada 65 cabang olahraga, 87 disiplin, dan 1.042 nomor pertandingan digelar di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara dalam ajang kompetisi yang sekaligus menjadi panggung unjuk hasil pembinaan prestasi olahraga daerah.

Empat daerah otonomi baru (DOB) yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan melakoni debut mereka di PON, yang juga turut diikuti kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sedikitnya 13.000 atlet bersaing menjadi yang terbaik hingga upacara penutupan dalam pesta olahraga nasional yang dijadwalkan berlangsung pada 20 September 2024. 

Topik Menarik