Paus Fransiskus bakal Naiki Mobil Maung MV3 saat Sapa Umat di Misa Agung

Paus Fransiskus bakal Naiki Mobil Maung MV3 saat Sapa Umat di Misa Agung

Terkini | inews | Selasa, 3 September 2024 - 15:57
share

JAKARTA, iNews.id - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus bakal memimpin Misa Agung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Kamis (5/9/2024). Pada kesempatan itu, Paus akan menaiki mobil Maung MV3 saat menyapa umat.

Maung MV3 merupakan mobil taktis buatan perusahaan pertahanan dalam negeri PT Pindad.

"Memang benar bahwa Paus Fransiskus akan menggunakan mobil nasional buatan PT Pindad, yaitu Maung MV3, untuk inspeksi menyapa umat dalam acara Misa Suci di GBK," kata Karo Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan, Brigjen Edwin Adrian Sumantha, Selasa (3/9/2024).

Edwin menjelaskan, mobil tersebut sudah dimodifikasi dengan menambahkan bagian rooftop untuk melindungi Paus Fransiskus dari panas dan hujan.

Maung MV3 diketahui merupakan gagasan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk memenuhi kebutuhan kendaraan taktis bagi TNI.

"Proses penyiapan kendaraan ini dimulai sejak Mei 2024, dengan supervisi langsung dari Letjen TNI (Pur) Putranto selaku Komisaris PT Pindad dan bekerja sama dengan tim dari Vatikan," ucap Edwin.

"Kita berharap persiapan ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal bagi Paus Fransiskus selama kunjungannya di Indonesia," katanya.

Paus Fransiskus berada Indonesia pada 3-6 September 2024. Ada sederet agenda yang akan dilakukan Paus dalam perjalanan apostoliknya di Jakarta.

Paus Fransiskus adalah paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Pertama, adalah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung pada 3-4 Desember 1970.

Kedua adalah Paus Santo Yohanes Paulus II yang berkunjung ke Indonesia pada 9-14 Oktober 1989. Kini, 35 tahun berselang, giliran Paus Fransiskus yang melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia.

Topik Menarik