Hasil Copa America 2024: Uruguay Gagalkan Tuan Rumah AS ke Perempat Final

Hasil Copa America 2024: Uruguay Gagalkan Tuan Rumah AS ke Perempat Final

Olahraga | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 10:12
share

KANSAS CITY, iNews.id – Timnas Uruguay menggagalkan langkah tuan rumah Amerika Serikat (AS) ke perempat final Copa America 2024. Pasalnya, La Celeste membungkam Paman Sam 1-0 dalam laga terakhir Grup C di Arrowhead Stadium, Kansas City, AS, Selasa (2/7/2024) pagi WIB.

Kemenangan ini menahbiskan Uruguay melaju ke perempat final sebagai juara Grup C dengan sembilan poin. Sedangkan Timnas Amerika Serikat (AS) yang main di depan publik sendiri harus tersingkir karena finis di peringkat ketiga dengan tiga poin. 

Uruguay ke perempat final ditemani Panama yang sukses melibas Bolivia 3-1. Kemenangan itu membuat Timnas Panama finis kedua dengan enam poin. Sedangkan Bolivia terdampar di dasar klasemen tanpa poin. 

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Uruguay tampil agresif sejak menit-menit awal pertandingan. Mereka mendapat peluang pada menit ketujuh melalui tendangan keras Maximillian Araujo. Namun, arah bola masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Delapan menit berselang, AS balas mengancam lewat aksi Christian Pulisic. Dia melewati beberapa orang sebelum kemudian melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh yang masih menyamping tipis di sisi kanan gawang.

Pada menit 25, Yanks – julukan Timnas AS – kembali mengancam tewat tandukan Folarin Balogun yang menyambar umpan manis Giovanni Reyna. Namun, laju bola masih bisa ditepis Sergio Rochet.

Selepas itu, Uruguay sangat mendominasi permainan. Namun, mereka kesulitan untuk masuk lebih dalam ke area pertahanan tim tuan rumah.

Alhasil, tim asuhan Pablo Quiroga itu beberapa kali melepaskan tendangan jarak jauh, tetapi belum ada satu pun yang tepat sasaran. Skor imbang kacamata pun belum berubah hingga babak pertama usai.


Babak Kedua

Pertandingan masih berjalan alot di babak kedua. La Celeste masih kesulitan mengembangkan serangan mereka, sementara Weston McKennie dkk juga tak mampu keluar dari tekanan tim tamu.

Sampai menit 60 belum ada peluang berbahaya yang diciptakan oleh kedua tim. Serangan-serangan yang mereka lakukan kerap terputus di lini tengah.

Pada menit ke-66 barulah Uruguay memecah kebuntuan. Mereka mencetak gol pembuka lewat sontekan Mathias Oliveira yang menyambar bola muntah hasil tandukan Ronald Araujo yang ditepis Matthew Turner. Skor pun berubah 1-0.

Delapan menit berselang, Amerika Serikat memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan setelah kiper lawan salah melakukan antisipasi saat meninggalkan gawangnya. Sayangnya, tendangan Pulisic yang mengarah ke gawang yang tak terkawal penjaga gawang mampu ditanduk oleh Manuel Ugarte tepat di garisnya.

Amerika Serikat terus mengepung pertahanan Uruguay di menit-menit akhir babak kedua. Namun, mereka tak mampu mengubah peluang yang mereka dapat menjadi gol karena penyelesaian akhir yang buruk. Alhasil, tim tamu berhasil mengamankan kemenangan dengan skor 1-0.

Susunan Pemain 
AMERIKA SERIKAT (4-3-3)
Matthew Turner; Joe Scally (Haji Wright 79’), Chris Richards, Tim Ream (Malik Tilman 89’), Antonee Robinson; Tyler Adams, Weston McKennie, Yunus Musah (Josh Sargent 72’); Giovanni Reyna, Christian Pulisic, Folarin Balogun (Ricardo Pepi 41’).
Pelatih: Gregg Berhalter

URUGUAY (4-5-1)
Sergio Rochet; Nahitan Nandez, Ronald Araujo, Mathias Oliveira, Matias Vina (Jose Maria Gimenez 72’); Manuel Ugarte (Sebastian Caceres 89’), Federico Valverde, Facundo Pellestri, Maximilliano Araujo (Cristian Oliveira 27’), Nicolas De La Cruz (Rodrigo Bentancur 79’); Darwin Nunez (Luis Suarez 89’).
Pelatih: Pablo Quiroga

Topik Menarik