Nova Arianto Ungkap Timnas Indonesia U-16 Akan Tambah Pemain Baru, Siapa Saja?

Nova Arianto Ungkap Timnas Indonesia U-16 Akan Tambah Pemain Baru, Siapa Saja?

Olahraga | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 08:18
share

SOLO, iNews.id- Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto menyebut pemusatan latihan (TC) jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 sudah ada roadmapnya yang diserahkan ke PSSI. Dia menyebut ada beberapa pemain baru yang akan dipantau tim pelatih.

Timnas Indonesia berhasil finis di peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024. Posisi itu didapat setelah Garuda Muda sukses menumbangkan Vietnam U-16 5-0 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada Rabu (3/7/2024). 

Lima gol untuk Timnas Indonesia U-16 dicatatkan oleh Zahaby Gholy (45’, 79’), Dafa Zaidan (45+3’), dan brace Daniel Alfrido (74’, 82’). Hasil positif ini tentu membuat Timnas Indonesia U-16 semakin matang jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Timnas Indonesia U-16 akan satu grup dengan Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara di Grup G. Fase kualifikasi akan berlangsung pada 23 - 27 Oktober 2024 mendatang.

Nova memastikan Timnas Indonesia U-16 sudah mempunyai rencana TC yang matang. Saat ini, pelatih berusia 44 tahun itu sedang menununggu persetujuan PSSI dan memantau beberapa pemain. 

"Roadmap sudah kita berikan ke PSSI dan memang dalam waktu dekat ini kita masih akan memantau beberapa pemain lagi yg ada di TopSkor," ujar Nova dalam konferensi pers di Solo, dikutip pada Kamis (4/7/2024). 

"Saat ini Topskor nasional akan bekerja lagi dan itu yg akan kita pantau, kita akan lihat apakah ada pemain-pemain lainnya yg lepas dari pantauan kami dan kedepannya bisa gabung dengan kami di timnas u-16," tambahnya. 

Lebih lanjut, Nova mengungkapkan pemusatan latihan Garuda Muda kemungkinan besar akan berlangsung di luar negeri. Eks pemain Persib Bandung itu menginginkan para pemainnya mempunyai pengalaman lebih. 

"Roadmap kami juga sama ya kita merencanakan ada TC di luar termasuk kami juga meminta uji coba internasional agar pemain semakin terasah kemampuannya,  pengalamannya di tim bikin levelnya ada di atas," tutupnya.

Topik Menarik