Piala AFF U-19 2024 Gunakan VAR: Ajang Naik Kelas untuk Tuan Rumah Indonesia

Piala AFF U-19 2024 Gunakan VAR: Ajang Naik Kelas untuk Tuan Rumah Indonesia

Olahraga | sindonews | Kamis, 4 Juli 2024 - 01:03
share

Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di turnamen sepak bola internasional kelompok umur sepertinya bakal terus dilakukan. Salah satunya di Piala AFF U-19 2024, yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

Penggunaan VAR sempat digunakan pada babak semifinal dan final Piala AFF U-16 2024. Ini hasil dari kesepakatan PSSI dan AFF.

"Jadi mengusulkan PSSI? Sama-sama," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat diwawancarai di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) malam.

Baca Juga: Australia Juara Piala AFF U-16 2024 usai Bungkam Thailand

Erick Thohir mengungkapkan bahwa penggunaan VAR untuk event sepak bola internasional akan terus dilakukan. Rencananya, VAR juga akan digunakan di Piala AFF U-19 di Surabaya pada 17 Juli 2024 mendatang.

"Nanti U-19 juga kita pakai lagi VAR supaya kita sebagai tuan rumah tingkatnya beda. Kita kan udah pernah bikin U-17 Piala Dunia masa turun lagi?," kata dia.

Menurut Erick, kebijakan tersebut diterapkan karena Indonesia sebagai tuan rumah ingin naik kelas. Sekaligus menaikkan citra kompetisi AFF.

Baca Juga: Daftar Juara Piala AFF U-16: Australia Sejajar dengan Thailand dan Vietnam

"Kita ingin sebagai tuan rumah juga naik kelas gitu. Jadi, kita yang mengharapkan bagaimana kita juga kan ada uji-coba," beber Erick Thohir.

Tekhnologi VAR sendiri sedianya juga akan diberlakukan untuk Liga 1 Indonesia musim 2024/2025. "Kemarin di Championship udh ujicoba. Nanti liga akan memakai VAR. Ya tidak ada salahnya kita juga melakukan perbaikan-perbaikan di kita tetapi standarnya AFF naik ada VAR ada LED," beber Erick.

Topik Menarik