7 Lagu Terpendek di Dunia, Ada yang Berdurasi 1,3 Detik

7 Lagu Terpendek di Dunia, Ada yang Berdurasi 1,3 Detik

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 20 Juni 2024 - 12:00
share

Ada tujuh lagu terpendek di dunia yang meskipun singkat, memiliki melodi dan makna yang tak terlupakan. Tak tanggung-tanggung, lagu ini hanya berdurasi hitungan detik sesuai dengan namanya.

Bahkan saking pendeknya, lagu ini sampai dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai lagu terpendek di dunia. Meski singkat dengan satu riff gitar dan satu teriakan vokal, namun lagu tersebut tetap memiliki makna dan cerita.

Deretan lagu tersebut menunjukkan bahwa musik tidak selalu harus panjang untuk memiliki makna dan dampak yang besar. Melodi singkat dan lirik yang sederhana bisa sama berkesan dan emosionalnya dengan lagu yang lebih panjang dan kompleks.

Selain itu, lewat lagu ini menunjukkan bahwa dunia musik penuh dengan berbagai macam lagu, dari yang berdurasi panjang dan kompleks hingga singkat dan sederhana. Berikut adalah tujuh lagu terpendek di dunia dilansir dari Stars Insider, Kamis (20/6/2024).

7 Lagu Terpendek di Dunia

Baca Juga: 7 Lagu K-Pop dengan Energi Rock yang Mengagumkan, OH MY GIRL Kejutkan Fans lewat Perfect Day

1. You Suffer - Napalm Death (1,3 Detik)

Lagu ini dinobatkan sebagai lagu terpendek di dunia oleh Guinness World Records. Lagu metal ekstrem dari band Inggris Napalm Death ini hanya berdurasi 1.3 detik, dan hanya terdiri dari satu riff gitar dan satu teriakan vokal.

2. Microcosmos - The KLF (4 Detik)

Lagu elektronik dari duo Inggris The KLF ini berdurasi 4 detik dan merupakan bagian dari album Chill Out '90s. Lagu ini memiliki melodi synth yang catchy dan atmosfer yang santai.

3. 30 Seconds Over Tokyo - P.D.Q. Bach (30 Detik)

Lagu klasik satir dari Peter Schickele ini berdurasi 30 detik dan menceritakan tentang serangan udara Amerika terhadap Tokyo pada 1945. Lagu ini penuh dengan humor dan ironi, dan merupakan kritik terhadap perang.

Baca Juga: 7 Lagu yang Membuat Orang Sadar dari Koma, Ada PSY Gangnam Style

4. The Shortest Song Ever - John Cage (2 Detik)

Lagu eksperimental dari komposer Amerika John Cage ini berdurasi 2 detik dan hanya terdiri dari satu nada piano. Lagu ini merupakan bagian dari karya 4'33 yang terkenal, di mana para musisi diminta untuk tidak memainkan apa pun selama 4 menit dan 33 detik.

5. The Twelve Days of Christmas (Versi Pendek) - Berbagai Musisi (12 Detik)

Versi pendek dari lagu Natal klasik ini hanya berdurasi 12 detik dan hanya berisi bagian pertama dari lagu tersebut. Lagu ini sering dinyanyikan sebagai lelucon atau permainan.

6. I Am the Walrus - The Beatles (58 Detik)

Meskipun bukan lagu terpendek di dunia, I Am the Walrus dari The Beatles terbilang singkat dengan durasi 58 detik. Lagu ini terkenal dengan melodinya yang unik dan liriknya yang surealis.

Baca Juga: Kyuhyun Super Junior Cover Lagu Sisa Rasa Milik Mahalini, Suaranya Adem Banget

7. Smells Like Teen Spirit - Nirvana (5 Menit 1 Detik)

Meskipun lagu ini terbilang singkat dibandingkan dengan lagu-lagu rock lainnya, Smells Like Teen Spirit" dari Nirvana menjadi ikon musik grunge dengan durasinya yang hanya 5 menit 1 detik. Lagu ini penuh dengan energi dan semangat pemberontakan.

Topik Menarik