Doa agar Diterima di Sekolah Impian, Raih Mimpimu!

Doa agar Diterima di Sekolah Impian, Raih Mimpimu!

Gaya Hidup | inews | Kamis, 27 Juni 2024 - 20:40
share

JAKARTA, iNews.id -  Doa agar diterima di sekolah yang diinginkan adalah langkah pertama bagi banyak siswa dan orang tua setiap tahunnya. 

Berharap agar pintu kesempatan terbuka lebar di institusi pendidikan tertentu merupakan cermin dari keinginan yang mendalam untuk mencapai tujuan pendidikan yang diimpikan. 

Bukan hanya sekadar harapan, doa ini juga mencerminkan kepercayaan akan upaya keras dan persiapan yang telah dilakukan, serta harapan akan masa depan yang lebih cerah di jalur pendidikan yang dipilih.

Sebenarnya tidak ada doa agar diterima di sekolah yang diinginkan secara spesifik. Namun, beberapa doa berikut ini masih ada kaitannya dengan menuntut ilmu dan meminta kemudahan dalam segala urusan:

Doa agar diterima di sekolah yang diinginkan


1. Meminta ilmu yang bermanfaat

Doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama,


للَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا ‌عَلَّمْتَنِي، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدْنِي عِلْمًا


“Ya Allah, berilah manfaat atas ilmu yang Engkau berikan kepadaku, ajarkanlah ilmu yang bermanfaat untukku, dan tambahkanlah ilmu untukku.” (HR. Tirmidzi no. 3599)

2. Meminta tambahan ilmu

Allah ‘Azza Wajalla berfirman,

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا 


“Dan katakanlah, ‘Ya Rabbi berilah aku tambahan ilmu’.” (QS. Thaha: 144)

Syekh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’diy rahimahullahu menjelaskan,


ولما كانت عجلته صلى الله عليه وسلم على تلقف الوحي ومبادرته إليه تدل على محبته التامة للعلم وحرصه عليه أمره الله تعالى أن يسأله زيادة العلم فإن العلم خير وكثرة الخير مطلوبة وهي من الله والطريق إليها الاجتهاد والشوق للعلم وسؤال الله والاستعانة به والافتقار إليه في كل وقت


“Di dalam bersegeranya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallama terhadap ilmu yang menunjukkan kecintaan beliau terhadap ilmu, Allah ‘Azza Wajalla memerintahkan agar beliau meminta tambahan ilmu. Karena ilmu adalah kebaikan dan memperbanyak kebaikan adalah hal yang diharapkan. Tidaklah hal tersebut, kecuali dari Allah. Jalan untuk mendapatkannya adalah dengan bersungguh-sungguh, cinta dengan ilmu, meminta kepada Allah, dan senantiasa butuh kepada-Nya di setiap waktu.” (Tafsir As-Sa’diy 514)

3. Berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat

Meminta perlindungan kepada Allah ‘Azza Wajalla dari ilmu yang tidak bermanfaat juga hendaknya dilakukan oleh setiap pelajar. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama mengajarkan doa,


اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بكَ مِن عِلْمٍ لا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لا تَشْبَعُ، وَمِنْ دَعْوَةٍ لا يُسْتَجَابُ لَهَا

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak terkabulkan.” (HR. Muslim no. 2722).

4. Doa Memohon diberikan kemudahan

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً


“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa” [artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah].

Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya (3/255). Dikeluarkan pula oleh Ibnu Abi ‘Umar, Ibnus Suni dalam ‘Amal Yaum wal Lailah. (Lihat Jaami’ul Ahadits, 6/257, Asy Syamilah).

Demikianlah pembahasan mengenai doa agar diterima di sekolah yang diinginkan. Semoga dimudahkan segala urusannya ya sobat iNews.id.

Topik Menarik