Biografi Hunter S. Thompson, Jurnalis yang Menciptakan Genre Jurnalisme Gonzo

Biografi Hunter S. Thompson, Jurnalis yang Menciptakan Genre Jurnalisme Gonzo

Gaya Hidup | indozone.id | Minggu, 20 Februari 2022 - 22:05
share

Hunter S. Thompson dengan nama lengkapnya Hunter Stockton Thompson merupakan pria kelahiran 18 Juli 1937 di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat (AS). Ia menjadi salah satu jurnalis dan penulis Amerika yang dikenal lewat pelaporannya Jurnalisme Gonzo.

Hunter S. Thompson menyajikan gaya pelaporan yang sangat pribadi yang membuat Thompson menjadi ikon budaya tandingan. Thompson, yang memiliki sejumlah masalah dengan hukum sebagai seorang pemuda, bergabung dengan Angkatan Udara AS pada tahun 1956.

Dilansir Encyclopedia Britannica , Minggu (20/2/2022), dia pernah menjabat sebagai editor olahraga untuk sebuah surat kabar dasar dan melanjutkan karir jurnalistiknya setelah diberhentikan pada tahun 1957.

Dia juga pernah menulis dua novel otobiografi, tetapi keduanya awalnya ditolak oleh penerbit; The Rum Diary yang akhirnya melihat publikasinya pada tahun 1998 dan difilmkan pada tahun 2011.

Pada tahun 1965 Thompson menyusup ke geng motor Hell\'s Angels, sebuah pengalaman yang dia ceritakan di majalah Harper\'s, Rolling Stone, dan majalah lainnya.

Selain mengkritik politik dan budaya yang tidak sopan, Thompson juga mulai menarik perhatian karena kepribadiannya yang lebih besar dari kehidupan, yang disorot oleh petualangan berbahan bakar narkoba dan alkohol dan ketidaksukaan terhadap otoritas.

Pada tahun 1970 Thompson memperkenalkan gaya pelaporan subjektifnya dengan artikel " The Kentucky Derby Is Decadent and Depraved" , di mana dia menjadi bagian sentral dari cerita.

Sebuah penugasan tahun 1971 untuk Sports Illustrated untuk meliput balapan sepeda motor di Nevada mungkin menghasilkan karyanya yang paling terkenal, yakni " Fear and Loathing in Las Vegas: A Savage Journey to the Heart of the American Dream " (1972; film 1998), yang menjadi klasik kontemporer dan membentuk genre jurnalisme gonzo.

Serial pertama di Rolling Stone , itu mendokumentasikan perjalanan jalan kecanduan narkoba yang diambil oleh Thompson (sebagai alter egonya Raoul Duke) dan pengacaranya (Dr. Gonzo) sementara juga membahas akhir dari budaya tandingan tahun 1960-an.

Buku ini menampilkan karya seni hingar bingar oleh Ralph Steadman, yang mengilustrasikan banyak karya Thompson. Dalam " Fear and Loathing: On the Campaign Trail \'72 " (1973), Thompson mencatat kampanye presiden tahun 1972 dari George McGovern dan Richard Nixon.

Karya-karya selanjutnya termasuk " The Great Shark Hunt " (1979), " Better Than Sex " (1994), dan " Kingdom of Fear " (2003). Pada 20 Februari 2005, Thompson dinyatakan meninggal dunia karena luka tembak yang ditimbulkannya sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik