5 Berita Populer: Contoh Soal CPNS 2024 hingga Viral Polwan Dianggap Tak Sopan

5 Berita Populer: Contoh Soal CPNS 2024 hingga Viral Polwan Dianggap Tak Sopan

Terkini | inews | Selasa, 27 Agustus 2024 - 05:00
share

JAKARTA, iNews.id – Contoh soal TIU pada seleksi CPNS 2024 wajib diketahui. TIU atau Tes Intelegensia Umum merupakan tes wajib yang dijalankan pendaftar saat mengikuti seleksi CPNS. 

Berita populer lainnya adalah viral polwan dianggap tidak sopan karena mengganggu pria yang sedang makan, Polri berikan penjelasan. 

Berikut rangkuman berita populer pada Senin (26/8/2024) 

1. Jenis-Jenis Hukum Tajwid Lengkap Contohnya


Hukum tajwid merupakan hal yang wajib diketahui umat Islam. Jika sudah memahami hukum tajwid, maka seorang muslim mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Ada beberapa hukum tajwid yang harus diketahui. Berikut daftarnya:
- Idgham Mimi
Hukum tajwid ini mudah diingat sebab Mim sukun (  مْ ) bertemu mim ( م ). Cara membacanya yakni dengan cara membaca huruf mim rangkap secara mendengung.
- Iqlab
Hukum bacaan iqlab terjadi tatkala Nun Sukun ( نْ ) ataupun juga tanwin (dhomah tanwin (ــٌـ), kasroh tanwin (ــٍــ) dan fathah tanwin (ــًـ)) bertemu dengan huruf hijaiyyah ba’ (ب).
- Izhar Halqi
Hukum bacaan izhar halqi ini memiliki makna terang atau jelas. 
Hukum izhar halqi ini berlaku apabila Nun Sukun ( نْ ) ataupun juga  tanwin (dhomah tanwin (ــٌـ), kasroh tanwin (ــٍــ) dan fathah tanwin (ــًـ)) bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah, Alif (ا), ‘Ain (ع), Ghain (غ), Ha (ح), Kha (خ), Ha’ ( ﮬ)  dan Hamzah  ( ء ).
- Mad Thabi’i
Hukum bacaan mad thabi’i akan berlaku jika, Huruf alif (ا) sesudah harakat fathah, huruf ya (ي) sukun atau mati sesudah harakat kasrah, huruf wawu (و) sukun sesudah harakat dhammah.
- Ikhfa Syafawi
Ikhfa syafawi dibaca dengan cara didengungkan dan samar-samar pada bibir. Hukum bacaannya adalah apabila nun sukun ( نْ ) bertemu dengan salah satu dari 15 huruf hijaiyyah sedangkan ikhfa syafawi mim sukun (  مْ ) bertemu dengan huruf ba' (ب).

2. Contoh Soal SKD CPNS Lengkap dengan Jawabannya


Pengumuman seleksi pendaftaran CPNS (Calon Aparatur Sipil Negara) sudah diumumkan pada 19 Agustus 2024. Sementara itu, pendaftarannya dibuka pada 20 Agustus hingga 6 September 2024. SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar adalah salah satu tahapan tes yang wajib dilalui peserta, selain TWK (es Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensia Umum), TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Berikut adalah contoh soal tes TKD yang bisa dipelajari:
- Tiga pilar negara yang diatur dalam UUD 1945 adalah?
A. DPR, KPU, Presiden
B. Presiden, MPR, MA
C. DPR, Presiden, MA
D. DPR, Presiden, MPR
Jawaban: D


- Konsep negara hukum menekankan pada?
A. Kekuasaan absolut pemerintah
B. Kekuasaan yang berlandaskan hukum
C. Kekuasaan ekonomi
D. Kekuasaan militer
Jawaban: B

- Apa yang menjadi dasar negara Indonesia?
A. HAM
B. Pancasila
C. Keadilan
D. Demokrasi
Jawaban: B

- Tanggal berapa proklamasi kemerdekaan Indonesia diumumkan?
A. 17 Agustus 1945
B. 1 Juni 1945
C. 18 Agustus 1945
D. 22 Juni 1945
Jawaban: A 

- Sangkuriang : Sunda =
A. Gangga : India
B. Oedipus : Yunani
C. Himalaya : Nepal
D. Ranggawarsita : Jawa
Jawaban: D

- WALAKIN =
A. Tetapi
B. Kumat
C. Andai
D. Kacau
Jawaban: A


3. Contoh Soal TIU CPNS 2024, Bisa Jadi Referensi Belajar


TIU (Tes Intelegensia Umum) menjadi tahapan tes CPNS yang harus dijalani. Maka dari itu, para pelamar bisa mempelajari contoh-contoh soal tes TIU di bawah ini agar memperkaya sumber soal. Berikut contohnya:
- Abisal: Endapan Tanah
A. Abstrak: Nyata
B. Gambar: Garis
C. Genjah: Bibit
D. Bulsak: Kasur

E. Remisi: Penahanan
Jawaban: D

- Buli-buli: Botol Kecil
A. Odem: Sehat
B. Abau: Kura-kura Rawa
C. Seremoni: Pengakuan
D. Langka: Usang
E. Obselet: Inovasi
Jawaban: B

- Uang Makan: Upah Khusus Untuk Makan
A. Kecil hati: Sabar
B. Ringan Tangan: Suka Mencuri
C. Sakit Hati: Kecewa
D. Tinggi cakap: merayu
E. Kutu buku: Penyakit Kulit
Jawaban: C

- Tutup Mulut: Tidak Mau Bicara
A. Raut Muka: Ekspresi Wajag
B. Ambil Htai: Melirik
C. Naik haji: Naik Gaji
D. Tebal Muka: Jujur
Jawaban: A

- Pelukis : Galeri : Lukisan = ... : ...
A. Petenis : Lapangan : Raket
B. Nakhoda : Kapal : Laut
C. Penyanyi : Panggung : Kaset
D. Pematung : Acara : Pameran
E. Pengarang : Penerbit : Buku
Jawaban: E.

- Dehidrasi: Kurang Cairan
A. Observasi: Penghlihatan
B. Operasi: Imbauan
C. Dekan: Pemimpin Fakultas
D. Korupsi: Jasa
E. Manipulasi: Jujur
Jawaban: C

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Beserta Strukturnya


Teks hasil observasi adalah teks yang berisi laporan hasil pengamatan terhadap suatu objek. Beragam hal bisa dijadikan objek observasi, termasuk lingkungan dan hewan di sekitar. Lantas, bagaimana contoh teks laporan hasil observasi hewan dan strukturya?
Teks Laporan Hasil Observasi (pada kupu-kupu)
(Pernyataan Umum):
Kupu-kupu masuk dalam kategori serangga yang bisa terbang, kupu-kupu biasanya terlihat di antara pepohonan yang memiliki bunga.Kupu-kupu memiliki 3 pasang kaki yang posisinya di samping perut. Hewan bersayap warna-warni berbagai corak, terbang bebas di alam. Hinggap pada bunga untuk mencari makan yaitu nektar.
(Deskripsi):
Siklus hidup kupu-kupu cukup singkat. Saat sudah menjadi dewasa hanya mampu bertahan selama satu minggu. Namun ada juga yang bisa bertahan dalam fase kupu-kupu hingga satu tahun tergantung spesiesnya.
Pertumbuhannya dimulai dari telur, kemudian larva atau ulat, berkembang jadi kepompong baru jadi kupu-kupu. Saat jadi ulat makanannya adalah daun tanaman tertentu. Selama jadi kepompong tidak mengambil makanan dari sekitar.
(Kesimpulan):
Kupu-kupu adalah makhluk diurnal yang aktif pada siang hari. Fase kupu-kupu ini nantinya akan melakukan perkawinan kemudian menghasilkan telur. Telur ini kemudian akan memulai siklus baru untuk kembali jadi kupu-kupu dewasa.

5. Viral Polwan Dianggap Tak Sopan Ganggu Pria lagi Makan, Ini Penjelasan Polri


Seorang polwan viral di sosial media karena dianggap tak sopan saat bertanya-tanya kepada pria yang sedang makan di warung. Dirinya dianggap mengganggu orang yang sedang makan. Dari video yang beredar, polisi terlihat menanyakan tempat kerja seorang pria. 

Namun, si pria menjawab sembari tetap mengunyah makanan. Setelahnya, polwan langsung menegur pria. 

"Eh mas, kalau diajak ngobrol tuh memang sopan ya sambil makan. Sopan nggak kayak gitu saya tanya," ujar polwan. Reaksi polwan bernama Putri Cikita tersebut langsung dikritik warganet. Sementara itu, Polri melalui akun X nya (@DivHumas_Polri) memberikan klarifikasi mengenai kejadian tersebut. 

“Halo Sobat Polri, di cuplikan video tersebut, dalam upaya memelihara kamtibmas, kami memberikan teguran kepada lima orang masyarakat yang sedang mengonsumsi minuman keras di lokasi tersebut. Namun, terdapat satu orang yang tidak mengindahkan teguran tersebut dan malah menaikkan kakinya ke kursi serta membuang puntung rokok ke arah petugas. Atas tindakan tersebut, kami memberikan teguran lisan kepada orang tersebut,” ujar Polri dalam keterangannya.

Topik Menarik