9 Periset BRIN Masuk Daftar Top Ilmuwan Dunia, DPR: Bukti Penelitian RI Diakui Global

9 Periset BRIN Masuk Daftar Top Ilmuwan Dunia, DPR: Bukti Penelitian RI Diakui Global

Terkini | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 01:00
share

JAKARTA, iNews.id - Sembilan periset dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) masuk dalam daftar Top 2 Ilmuwan Dunia versi Stanford University. DPR RI menilai hal tersebut membuktikan penelitian Indonesia diakui secara global. 

"Pencapaian ini menunjukkan bahwa hasil riset para ilmuwan BRIN memiliki dampak signifikan dan diakui secara global. Kami mengapresiasi pencapaian tersebut," ujar Anggota Komisi VII DPR RI Abdul Kadir Karding, Kamis (26/9/2024). 

Adapun 9 periset BRIN yang masuk daftar Ilmuwan Top 2 Dunia versi Stanford itu adalah:

1. Prof. DR. Danny Hilman Natawidjaja, adalah peneliti ahli utama BRIN di bidang riset kebencanaan.
2. Dr. Ratih Pangestuti, adalah peneliti ahli utama BRIN di bidang teknologi dan proses pangan.
3. Prof. Muhammad Reza Cordova, adalah peneliti ahli utama BRIN di bidang Oseanografi. 
4. Dr. rer. nat. Andri Frediansyah, adalah peneliti ahli utama BRIN di bidang teknologi dan proses pangan. 
5. Prof. Ahmad Najib Burhani, adalah profesor riset, peneliti ahli utama sekaligus kepala organisasi riset Ilmu Pengetahuan Sosial Humaniora BRIN. 
6. Rezzy Eko Caraka, S.SI., M.Sc(RE)., Ph.D., adalah peneliti ahli muda pusat riset sains data dan informasi BRIN.
7. dr. Zulvikar Syambani Ulhak, Ph.D., adalah peneliti ahli muda, pusat riset kedokteran preklinis dan klinis BRIN.
8. Muhammad Adly Rahandi Lubis, S.Hut., Ph.D., adalah peneliti ahli utama pusat riset Biomassa dan Bioproduk BRIN.
9. Dr. Agung Dwi Laksono, adalah peneliti utama BRIN di bidang pusat riet kesehatan masyarakat.

Karding pun mengatakan, pencapaian yang didapat sembilan periset BRIN tersebut dapat menjadi motivasi bagi periset lain di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas riset mereka.

“Keberhasilan ini mencerminkan bahwa BRIN telah berhasil menciptakan ekosistem riset yang baik sehingga menghasilkan pengakuan dari dunia internasional,” katanya.

World Ranking Scientist yang dirilis oleh Stanford University dan dipublikasikan oleh Elsevier pada 16 September 2024 sendiri didapat atas pemeringkatan yang menggunakan pengukuran sistem metrik berbasis dampak ilmiah, meliputi jumlah publikasi, sitasi, dan pengaruh jangka panjang dari karya-karya ilmiah yang dihasilkan oleh para periset di berbagai bidang.

Ada 100.000 ilmuwan teratas berdasarkan c-score dan persentil 2 tertinggi di 174 sub-bidang ilmu, dengan data kutipan yang diperbarui hingga akhir 2023. Dari 150 ilmuwan Indonesia yang masuk dalam kategori For The Single Year Data List, kesembilan periset BRIN itu diakui dalam berbagai bidang yakni Geokimia, Bilogi Laut, Kecerdasan Buatan dan Kedokteran. 

Karding berharap keberhasilan 9 periset BRIN menembus peringat elit itu harus dibarengi dengan peningkatan fasilitas terhadap para peneliti atau penelitian di Indonesia. 

Ada beberapa bidang riset yang perlu lebih diperhatikan di masa depan. Mulai dari pengembangan teknologi baru seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), dan teknologi hijau. 

“Riset dalam bidang kesehatan, termasuk untuk menanggulangi penyakit menular, penyakit kronis, serta teknologi medis juga sangat penting untuk dikembangkan. Karena hasil-hasil riset tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan sebagai upaya menghadapi tantangan kesehatan global,” katanya.

Topik Menarik