Kolaborasi dengan PT USM Berkah Indonesia, Poltekkes Semarang Launching Science Techno Park 

Kolaborasi dengan PT USM Berkah Indonesia, Poltekkes Semarang Launching Science Techno Park 

Terkini | brebes.inews.id | Kamis, 26 September 2024 - 23:29
share

PEKALONGAN, iNews.id – Ditjend Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, resmi melauncing Science Techno Park (STP) inovasi yang di gagas Poltekkes Kemenkes Semarang, Rabu (25/09/2024) di Gedung STP Poltekkes Kemenkes, Jl. Karanganyar No.36 Maltensatu, Kabupaten Pekalongan. Kegiatan tersebut bekersama dengan PT USM Berkah Indonesia.

Launcing kali ini, diharapkan menjadi pusat inovasi dan pengembangan teknologi di sektor kesehatan, mendukung riset, pengembangan, dan hilirisasi produk kesehatan lokal.

Launching STP ini menandai tonggak penting dalam pengembangan ekosistem inovasi di sektor kesehatan dan teknologi. Melalui kerja sama dengan PT USM Berkah Indonesia, diharapkan tercipta sinergi yang lebih kuat antara institusi pendidikan, industri, dan pemerintah dalam mendukung hilirisasi hasil riset dan inovasi.

PT USM Berkah Indonesia, yang dikenal sebagai produsen spesialis Kain Kasa dengan brand Darma Husada, turut memainkan peran penting dalam pengembangan STP ini.

Brand Darma Husada telah diakui memiliki kualitas yang unggul dibandingkan produk lain di pasar lokal. Saat ini, PT USM Berkah Indonesia juga sedang menyiapkan diri untuk melakukan ekspor produk Kasa ke pasar global, yang diharapkan akan memperkuat posisi perusahaan di industri kesehatan internasional.

Dalam sambutannya, Direktur PT USM Berkah Indonesia, Dr. HM. Irzal Fadholi, M.Pd., M.Pd.I., menyatakan komitmen perusahaan untuk mendukung pengembangan STP ini dengan menyediakan berbagai fasilitas serta jaringan bisnis yang luas. 

"Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak inovasi lokal yang dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional," ujar Dr. Irzal.

Sementara itu, drg. Arianti Anaya, MKM, Ditjend Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, menekankan pentingnya peran institusi pendidikan tinggi dalam mendukung pengembangan inovasi di sektor kesehatan. 

"STP ini dapat menjadi platform strategis dalam memperkuat kapasitas riset dan mempercepat hilirisasi produk inovasi dari kalangan akademisi ke masyarakat luas," katanya.

Dengan terlaksananya MOU ini, STP Poltekkes Semarang dan PT USM Berkah Indonesia telah memulai langkah besar menuju peningkatan kualitas dan relevansi produk-produk kesehatan di Indonesia, serta menciptakan lapangan kerja baru yang berbasis teknologi dan inovasi (Tarqum Aziz-JurnalisMu).

Topik Menarik