HUT ke-73, RSUP Sitanala Tangerang Rayakan Kebahagiaan dengan Baksos Pengobatan Gratis di Pandeglang

HUT ke-73, RSUP Sitanala Tangerang Rayakan Kebahagiaan dengan Baksos Pengobatan Gratis di Pandeglang

Terkini | pandeglang.inews.id | Kamis, 8 Agustus 2024 - 09:10
share

PANDEGLANG, iNewsPandeglang . id - Dalam rangka memperingati HUT ke-73, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sitanala Tangerang mengadakan kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis bagi masyarakat di Kabupaten Pandeglang, Banten. Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta, di Pendopo Kabupaten Pandeglang pada Rabu (7/8/2024) malam.

Direktur RSUP Dr. Sitanala Tangerang, dr. Afrizal Hasan, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya rumah sakit untuk mendukung 6 pilar kesehatan yang dicanangkan oleh Menteri Kesehatan, khususnya pada pelayanan primer dan rujukan. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 8 hingga 9 Agustus 2024, dengan target melayani 1.000 masyarakat Pandeglang tanpa persyaratan khusus.

"Pada malam ini, kita melaksanakan pembukaan dalam acara bakti sosial untuk memperingati HUT RSUP Sitanala ke-73. Dan mengikuti amanat 6 pilar Menteri Kesehatan, yaitu pilar pertama dan kedua yaitu pelayanan primer dan rujukan," kata Afrizal dalam sambutannya.

Dalam pelaksanaan bakti sosial ini, RSUP Dr. Sitanala mengerahkan 11 dokter spesialis dengan berbagai alat kesehatan untuk memberikan layanan medis langsung kepada masyarakat. Terdapat 15 layanan kesehatan yang disediakan, termasuk spesialisasi dalam penyakit dalam, anak, bedah, THT, mata, kebidanan dan kandungan, jantung dan pembuluh darah, saraf, paru, kesehatan jiwa, kulit dan kelamin, psikologi, gizi, serta layanan sunat massal dan penyuluhan kesehatan.

Selain pengobatan gratis, RSUP Dr. Sitanala juga memberikan bantuan berupa kendaraan roda dua kepada lima puskesmas di wilayah tersebut untuk mendukung program percepatan penanganan stunting dan TBC.

Sekda Kabupaten Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta, mengapresiasi inisiatif RSUP Dr. Sitanala dan berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat setempat.

"Kami dari Pemkab Pandeglang merasa bersyukur atas kegiatan bakti sosial yang akan dilaksanakan oleh RSUP Sitanala. Ini adalah program yang sangat positif, terutama terkait kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Pandeglang," ujar Fahmi.

Dia juga menyebutkan bahwa dia tidak mengetahui adanya bantuan kendaraan untuk Puskesmas, yang dinilai sangat luar biasa karena akan menambah semangat dan motivasi dalam bekerja, terutama di Puskesmas yang lokasinya sangat jauh.

Kepala Puskesmas Bangkonol, Sri Suhartini, juga menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan kendaraan yang diberikan, yang akan digunakan untuk memperkuat upaya penurunan angka stunting dan TBC di wilayahnya.

"Bantuan ini akan mendukung upaya percepatan penurunan angka stunting dan TBC di wilayahnya. Dengan adanya motor, Puskesmas dapat lebih maksimal turun ke lapangan, memberikan edukasi, penyuluhan, dan bekerja sama dengan berbagai sektor seperti kepala desa, penyuluh KB, dan pertanian. Di Kecamatan Koroncong sendiri, masih terdapat 32 kasus stunting yang perlu ditangani," katanya.

Topik Menarik