Perdana, BPSDM Sultra Gelar Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II

Perdana, BPSDM Sultra Gelar Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II

Terkini | kendari.inews.id | Rabu, 7 Agustus 2024 - 23:00
share

KENDARI, iNewsKendari.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Andap Budhi Revianto, kembali menorehkan tonggak sejarah baru.

Kali ini, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemprov Sultra akan menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II secara perdana bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam proses pemenuhan persyaratan selama 17 tahun.

PKN Tingkat II merupakan pelatihan struktural Kepemimpinan Pratama, diikuti oleh ASN dengan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang telah memenuhi persyaratan dokumen sesuai ketentuan berlaku.

"Alhamdulillah, setelah proses pemenuhan persyaratan di LAN selama 17 tahun, BPSDM Provinsi Sultra dipercaya untuk menyelenggarakan PKN tingkat II oleh LAN. Sebelumnya kami masih menumpang kepada BPSDM Provinsi Sulsel," ujar Kepala BPSDM Pemprov Sultra, Syahruddin Nurdin.

Syahruddin mengungkapkan bahwa, PKN tingkat II ini akan berlangsung selama 127 hari dan diikuti oleh 60 peserta dari berbagai instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sultra dan juga Pemerintah Kabupaten Kepulauan Taliabu Provinsi Maluku Utara.

"PKN Tingkat II Angkatan XXXVI akan berlangsung dari 14 Agustus hingga 19 Desember 2024. Adapun materi pelatihan yakni agenda mengelola diri, kepemimpinan strategis, manajemen strategis, dan agenda aktualisasi kepemimpinan," ungkapnya.

"Kegiatan ini merupakan tonggak sejarah baru dalam pengembangan SDM bagi ASN Pemerintah Daerah. Hal ini juga merupakan bukti nyata komitmen Pemprov Sultra dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan dan tata kelola pemerintahan yang baik," tambahnya.

Syahruddin mengatakan bahwa, terselenggaranya kegiatan ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Provinsi di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto.

"Kegiatan ini tidak mungkin berjalan apabila Pak Pj Gubernur tidak memberikan arahan dan dukungan penuh bagi kami. Sebut saja alokasi anggaran mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, lalu dukungan infrastruktur, serta hasil sinergitas Beliau dengan LAN," kata Syahruddin.

"Berkat kerja keras dan persiapan matang, BPSDM Provinsi Sultra juga mendapat predikat akreditasi bintang 1 (satu) sebagai Lembaga Pelatihan, dan Predikat Akreditasi A untuk Program Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA). Momen ini menjadi dasar pemberian izin dan menandakan kesiapan pelaksanaan PKN Tingkat II ini," tambahnya.

Saat dikonfirmasi awak media, Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan bahwa, terselenggaranya PKN tingkat II ini merupakan momentum penting bagi Provinsi Sultra.

"Kami berharap PKN tingkat II ini dapat memberikan manfaat signifikan bagi ASN dan juga daerah untuk peningkatan kualitas SDM dan juga kompetensinya," ujar Pj Gubernur.

"Kami akan berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kualitas dan kapasitas SDM di Sultra. Hal ini semata untuk mewujudkan Sultra yang kedepannya semakin maju, sejahtera, dan modern," tegas Andap.

Topik Menarik