10 Pantai Terindah di Sumatra Utara, Nomor 3 Jadi Tempat Syuting Film King Kong

10 Pantai Terindah di Sumatra Utara, Nomor 3 Jadi Tempat Syuting Film King Kong

Gaya Hidup | sindonews | Sabtu, 14 September 2024 - 07:00
share

JAKARTA – Pantai terindah di Sumatra Utara bak surga tersembunyi di salah satu wilayah Indonesia. Sumatera sendiri terkenal akan kekayaan alamnya yang memukau.

Salah satu pesona alam yang dimiliki Sumatra Utara merupakan pantai-pantai pesisir yang indah. Bahkan, tidak hanya menawarkan keindahan visualnya saja, juga ketenangan yang membuat pikiran pengunjung jernih.

Baca Juga: 5 Pantai Pasir Putih Terindah di Pulau Madura, Nomor 3 Suasananya Tenang

Suasana alami pantai di Sumatra Utara ini sulit untuk ditemukan di daerah lain, bahkan tidak kalah dengan keindahan di luar negeri.

Berikut ini pantai terindah di Sumatra Utara yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (14/9/2024).

Pantai Terindah di Sumatra Utara

1. Pantai Pulau Berhala Pantai di Pulau Berhala merupakan salah satu tempat wisata yang harus anda kunjungi ketika berlibur. Kondisi pulau ini masih terlihat asri, menawan dan air laut pada Pantai di Pulau Berhala terlihat jernih kebiruan.

Selain itu, anda dapat menjumpai banyaknya perbukitan dan pasir putih menjadi pesona indah bagi anda yang berkunjung kesini. Pengunjung akan disuguhkan beraneka ragam biota bahari yang hidup di pantai Pulau Berhala.

Alamat: Pulau Berhala terletak di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara.

2. Pantai Pulau Tello Sumatera Utara juga menyimpan nirwana surfing bagi peselancar yang berkunjung di pulau ini. Pulau ini bernama Tello, mungkin masih terdengar asing, tetapi ketika pengunjung berlabuh di pulau Tello dapat dipastikan tidak akan menyesal. Pantai di Pulau Tello dikenal akan ombaknya yang dapat menantang para peselancar. Tak hanya itu, pantai ini terdapat ikan-ikan kecil yang menambah kesan pengalaman wisata anda ketika berkunjung pada pantai tersebut.

Alamat: Pulau Tello terletak di Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

3. Pantai Pulau Mursala Pulau Mursala merupakan salah satu pulau terbear yang berada di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Pulau ini berjarak sekitar 22,5 km dari Pandan, Tapanuli Tengah dan berada di sebelah Barat Daya Kota Sibolga.

Selain itu, pulau ini menyuguhkan pantai yang memiliki perairan laut biru dan menarik minat pengunjung. Tak hanya akan keindahan pantainya, tetapi juga terdapat air terjun yang mendukung pengalaman bagi wisatawan yang mengunjungi pulau tersebut. Pulau Mursala menjadi viral setelah dijadikan latar film hollywood yakni Film King Kong pada 2005.

Alamat: Pulau Mursala berada di sisi barat Pulau Sumatra, tepatnya di Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

4. Pantai Cermin Pantai Cermin menjadi tempat wisata paling dekat dari Kota Medan. Pantai ini terletak di Desa pantai Cermin Kanan, Kabupaten Serdang. Anda bisa mengunjungi Pantai Cermin dengan menempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota..

Pantai ini menawarkan berbagai wahana rekreasi seperti water sport, mini zoo, horse riding dan food court yang tercakup ke dalam rekreasi buatan bernama Cermin Theme Park.

Alamat: Pantai Cermin terletak di Desa pantai Cermin Kanan, Kabupaten Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

5. Pantai Tureloto Pantai Toreloto menjadi salah satu pantai yang berada cukup jauh dari Kota Medan, tepatnya pantai ini berada di Nias Utara. Meski lokasinya jauh, jerih payah anda untuk mencapai pantai ini akan terbayar lunas ketika memandangi suasana pada Pantai Tureloto.

Pantai Tureloto juga memiliki ciri khas unik yaitu adanya keberadaan batu karang raksasa yang berbentuk bundar di bibir pantai yang menyerupai otak manusia. Batu ini diberi nama Batu Otak.

Alamat: Pantai Tureloto terletak di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara.

6. Pantai Sialang Buah Pantai Sialang Buah merupakan salah tempat wisata berikutnya bagi anda yang ingin berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara. Pantai ini berada di kecamatan Teluk Mengkudu dan anda dapat menggunakan mobil dengan menempuh jarak sekitar 60 km dari pusat kota.

Pantai Sialang Buah juga memiliki ciri khas unik yaitu adanya keberadaan puluhan anak tangga pada Pantai Sialang Buah yang menjadi daya tarik wisata sekaligus menjadi swafoto bagi warga sekitarnya.

Alamat: Pantai Sialang Buah terletak di di Desa Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu, Provinsi Sumatra Utara.

7. Pantai Pandan Pantai Pandan menjadi salah satu pantai yang menjadi daya tarik turis asing di Kota Sibolga. Karena, pantai ini menyediakan pemandangan laut berwarna biru kehijauan dan suasana yang tenang menjadi nilai tambah pantai tersebut. Maka tak jarang menjadikan pantai ini sebagai lokasi berenang dan snorkeling.

Pantai Pandan juga memiliki ciri khas unik yaitu adanya pasir pantai berwarna putih dan terasa lembut sehingga sesuai untuk dijadikan tempat bermain voli di sekitar pesisir pantai.

Alamat: Pantai Pandan terletak di Kelurahan Pandan Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatra Utara.

8. Pantai Klang Serdang BegadaiPantai Klang Serdang Begadai merupakan pantai yang memiliki keindahan hampir menandingi pantai lainnya dari berbagai daerah. Menurut berbagai sumber, pantai ini juga menjadi salah satu tempat wisata paling dikunjungi oleh turis mancanegara. Rupanya pantai ini menawarkan spot-spot foto instagramable bagi wisatawan.

Pantai Klang Serdang Begadai memiliki ciri khas unik yaitu terdapat panorama kayu besr yang tenggelam di sebagian bibir pantai dan sebuah sumur tua bernama Sumur Pandan. Kedua keunikan ini menjadi daya tarik utama para pengunjung untuk berswafoto.

Alamat: Pantai Tureloto terletak di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utaraujung Jalan Besar Pantai Kelang, Desa Sei Naga Lawan, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdangbedagai, Provinsi Sumatra Utara.

9. Pantai MutiaraPantai Mutiara berbeda dengan pantai lainnya yakni pantai ini berada di area hutan bakau. Jika anda mengunjungi Pantai Mutiara, anda dapat bermain dan menikmati pemandangan di pantai ini sekaligus dapat melakukan edukasi wisata dengan mengunjungi tempat pembiakan ikan laut dan kepiting yang ada pada aera hutan bakau.

Tentunya, pantai ini memiliki ciri khas unik, yakni adanya pemandangan dari pepohonan yang menjuntai ke arah laut. Tak hanya itu, fasilitas di pantai ini menyediakan pondok dan restoran bagi kamu yang ingin berkunjung di Pantai Mutiara.

Alamat: Pantai Mutiara terletak di Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatra Utara.

Baca Juga: 7 Pantai Terindah di Aceh, Surga Tersembunyi Ujung Barat Indonesia

10. Pantai Berawe Pantai berikutnya yang menjadi salah satu pantai terindah di Sumatera Utara berada di Pulau Kampai, Langkat. Pantai ini bernama Berawe. Bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai Berawe, anda dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan mobil berjarak sekitar 96 km dari Kota Medan.

Anda tidak perlu ragu akan keindahan dari Pantai Berawe, sebab pantai ini menyuguhkan ketenangan dan kealamian. Pantai ini juga cenderung sepi pengunjung sebab masih jarang diketahui oleh para wisatawan, karena itu suasana ketenangan ini dapat mendukung suasana hati anda.

Alamat: Pantai Berawe terletak di Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara.

MG/Bramcov Stivens Situmeang

Topik Menarik