Doa setelah Membaca Surat Al Waqiah untuk Rezeki, Teks Arab, Latin dan  Artinya

Doa setelah Membaca Surat Al Waqiah untuk Rezeki, Teks Arab, Latin dan Artinya

Gaya Hidup | inews | Rabu, 18 September 2024 - 05:30
share

JAKARTA, iNews.id - Doa setelah membaca Surat Al Waqiah untuk rezeki bisa muslim amalkan setiap kali selesai membaca surat tersebut. Surah Al Waqiah artinya Hari Kiamat. Surat ini berjumlah 96 ayat termasuk surah Makkiyyah yang turun pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah. 

Mufasir M Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mishbah menerangkan, tema utama Surat Al Waqiah tentang Hari kiamat serta penjelasan apa yang akan terjadi di bumi, serta kenikmatan yang akan diperoleh orang-orang bertakwa dan apa yang akan dialami para pendurhaka perintah Allah SWT kelak di hari kiamat.

Bertabaruk atau mencari keberkahan dari Surat Al Waqiah agar diberikan kelancaran rezeki dibolehkan oleh agama.

Surat Al Waqiah ini lazim diamalkan karena banyak keutamaannya. Salah satunya dimudahkan rezeki. Berikut bacaan doa surah Al Waqiah.

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah untuk Rezeki

Arab: الّلهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِحَقِّ سُوْرَةِ الْوَاقِعَةِ وَأَسْرَارِهَا أنْ تُيَسِّرَلِيْ رِزْقِي كَمَا يَسَّرْتَهُ لِكَثِيْرٍ مِن خَلْقِكَ يَا ألله يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Latin: Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi’ah wa asroorihaa an tuyassiroli rizqi kamaa yassartahu likatsiirin min kholqika yaa Allah yaa robbal ‘aalamiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu dengan kebenaran surat Waqi’ah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezekiku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhlukMu, ya Allah, ya robbal ‘alamin.”

Keutamaan Surat Al Waqiah

Ada banyak keutamaan membaca Surat Al Waqiah seperti yang disebutkan dalam beberapa hadits Nabi SAW sebagai berikut: 

1. Pelindung dari kefakiran 

قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ: أَخْبَرَنِي السُّرِّي بْنُ يَحْيَى أَنَّ شُجَاعًا حَدَّثه، عَنْ أَبِي ظَبْيَة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: "مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا"

Abdullah ibnu Wahb mengatakan, telah menceritakan kepadaku As-Sirri ibnu Yahya, bahwa Syuja' pernah menceritakan hadis ini dari AbuZabyah, dari Abdullah ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

2. Membuat Rambut Rasulullah SAW beruban

قَالَ أَبُو إِسْحَاقَ عَنْ عِكْرِمَة، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ أَبُو بَكْرٍ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَدْ شبتَ؟ قَالَ: "شيَّبتني هُودٌ، وَالْوَاقِعَةُ، وَالْمُرْسَلَاتُ، وعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ، وَإِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ".

Abu Ishaq telah meriwayatkan dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa sahabat Abu Bakar pernah bertanya, '"Wahai Rasulullah, engkau kelihatan telah beruban."

Rasulullah Saw. menjawab: Telah membuatku beruban surat Hud, surat Al-Waqi'ah, surat Al-Mursalat, surat An-Naba, dan surat At-Takwir. Imam Turmuzi telah meriwayatkan hadis ini, dan ia mengatakan bahwa predikat hadis ini hasan garib.

3. Dibaca Rasulullah SAW ketika Sholat Subuh

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Israil dan Yahya ibnu Adam, telah menceritakan kepada kami Israil, dari Sammak ibnu Harb, bahwa ia pernah mendengar Jabir ibnu Samurah mengatakan bahwa dahulu Rasulullah Saw mengerjakan shalatnya sebagaimana kalian mengerjakan salat sekarang ini, tetapi shalat Nabi SAW agak sedikit ringan, dan lebih ringan daripada shalat kalian. 

4. Pengingat Hari Kiamat

Surat Al Waqiah mengajarkan kepada manusia akan pastinya Hari Kiamar. Dawal surat Al Waqiah digambarkan dengan terjadinya Hari Kiamat yang tanpa seorang pun dapat menyangkalnya. Ada tiga golongan manusia yang akan menerima balasan sesuai apa yang mereka perbuat semasa hidup di dunia.

5. Kenikmatan Surga

Dalam Surat Al Waqiah digambarkan sifat-sifat surga bagi orang-orang taat kepada Tuhannya baik bagi kelompok orang-orang dulu atau as sabiquun maupun kelompok kedua yang taat kepada Allah SWT yang disebut Ashabul Yamin.

Disebutkan bahwa Kelompok As Saabiqun mereka kekal di surga dengan berbagai kenikmatan yang diperolehnya yakni dipan-dipan atau tempat tidur yang berlapiskan emas dan permata serta dilayani para bidadari yang setia tanpa tersentuh ketuaan.

Sedangkan bagi kelompok kedua atau asyhabul yamin, mereka dimanjakan dengan pohon bidara dan pohon pisang yang selalu tersedia serta kasur-kasur yang terbentang luas. Mereka juga disandingkan dengan pasangan hidup yang tiada taranya dibandingkan saat di dunia.

Itulah doa setelah membaca Surat Al Waqiah, Arab, latin, dan Artinya lengkap dengan keutamaan. Yuk amalkan agar dimudahkan pintu rezeki dan diberikan keberkahan hidup.

Wallahu A'lam Bissawab.

Topik Menarik