Menparekraf Sandiaga Takjub Agrowisata Kebun Kurma Pertama di Indonesia

Menparekraf Sandiaga Takjub Agrowisata Kebun Kurma Pertama di Indonesia

Infografis | sindonews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 20:52
share

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Unotertarik dengan pengelolaan Wisata Kurma Park di Kabupaten Pasuruan. Wisata Kurma Park menjadi wisata edukasi pertama di Indonesia, mengenai perkebunan kurma yang awalnya banyak dijumpai di jazirah Arab.

Sandiaga mengaku takjub dengan keindahan wisata di Dusun Karanglo, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan ini. Apalagi kurmadi Indonesia masih jarang dan identik dengan Jazirah Arab.

"Hari ini kita melihat suatu kearifan lokal, yaitu kurma Park yang menghadirkan destinasi berbeda dari yang lain. Jadi ini ada kebun kurma yang subur di Pasuruan, dan memberikan wisata edukasi, termasuk juga agrowisata," ucap Sandiaga Uno, saat kunjungannya ke Wisata Kurma Park, Sabtu (27/8/2024).

Baca juga; Menparekraf: Pariwisata Berbasis Olahraga Harus Lebih Inklusif

Dirinya bertekad mempromosikan Wisata Edukasi Kurma Park, yang berada di Dusun Karanglo, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Bahkan kata Sandiaga, wisata Kurma Park ini bisa dikembangkan dan dikolaborasikan dengan wisata halal.

"Memberikan wisata edukasi termasuk agrowisata ke masyarakat bukan hanya Jawa Timur tapi dari provinsi lain, maupun dari mancanegara kemungkinan bisa kita kembangkan, dengan produk-produk olahan yang ada di bisa ditawarkan sebagai destinasi wisata halal," ungkap dia.

Baginya perkebunan kurma di Pasuruan ini membuka mata bahwa ternyata di Indonesia merupakan tanah yang subur, yang dapat ditanami oleh berbagai macam tanaman.

“(Kurma Park) Telah membuka wawasan kita, bahwa Indonesia kaya raya, sangat subur, dan bisa mencapai Indonesia emas jika kita berpikir inovatif, adaptif dan kolaboratif,” tandasnya.

Topik Menarik