24 Mobil Dinas Pemkot Pangkalpinang Ludes Terbakar Akibat Kebakaran Lahan

24 Mobil Dinas Pemkot Pangkalpinang Ludes Terbakar Akibat Kebakaran Lahan

Infografis | sindonews | Minggu, 8 September 2024 - 08:48
share

Sebanyak 24 mobil dinas milik Pemerintah Kota Pangkalpinang ludes terbakar di area Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR) Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Sabtu (7/9/2024) sore.

Diduga, api berasal dari kebakaran lahan di sekitar lokasi tersebut. Kobaran api dengan cepat membesar, melalap puluhan mobil dinas yang terparkir di area tersebut.

Tiupan angin kencang dan banyaknya ilalang kering yang mudah terbakar memperparah situasi, membuat api sulit dijinakkan.

Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pangkalpinang dengan enam unit mobil pemadam, ditambah satu unit mobil water canon milik Polda Bangka Belitung, dikerahkan untuk memadamkan api.

Setelah lima jam berjibaku, tim akhirnya berhasil memadamkan kobaran api dan mencegahnya merambat ke gedung-gedung di sekitar.

Dugaan sementara, api berasal dari permukiman sekitar dan merambat hingga ke lahan di area Balai Pengujian Kendaraan Bermotor.

"Api diduga berasal dari permukiman sekitar, kemudian membakar lahan di sekitar Balai Pengujian Kendaraan Bermotor. Kita masih dalam tahap penyelidikan," ujar Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang, Syarian Dany dikutip Minggu (8/9/2024).

Warga diimbau untuk tetap waspada dan tidak membakar sembarangan, mengingat musim kemarau masih berlangsung dan risiko kebakaran lahan semakin tinggi.

"Kondisi angin yang kencang dan lahan kering memang sangat mempersulit pemadaman, namun berkat kerjasama yang baik, kami akhirnya berhasil mengendalikan situasi," ujar Kasi Pemadaman Damkar Kota Pangkalpinang, Junisko.

Topik Menarik