10 Pemain Timnas Indonesia yang Berkarier di Eropa yang Main di Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Kontra Arab Saudi

10 Pemain Timnas Indonesia yang Berkarier di Eropa yang Main di Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Kontra Arab Saudi

Olahraga | inews | Rabu, 4 September 2024 - 19:34
share

JAKARTA, iNews.id - Pemain Timnas Indonesia yang berkarier di Eropa menarik perhatian pencinta sepak bola dunia. Terlebih lagi skuad Merah Putih akan meladeni Arab Saudi di laga perdana putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad asuhan Shin Tae-yong akan bentrok dengan Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah pada Jumat, 6 September 2024 dini hari WIB.

Melakoni laga perdana tersebut coach Shin telah memanggil setidaknya 26 pemain. Adapun, 10 dari 26 pemain itu kini berkarier di Eropa, di antaranya Calvin Verdonk, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, dan Marselino Ferdinan.

Pemain Timnas Indonesia yang Berkarier di Eropa

Melansir berbagai sumber, Rabu (4/9/2024), salah satu media Arab Saudi, Arriyadiyah menyoroti 10 pemain Timnas Indonesia yang berkarier di Benua Biru.

Namun, salah satu yang menjadi fokus utama adalah Jay Idzes. Bek berusia 24 tahun sebagaimana diketahui di musim ini jadi andalan lini belakang Venezia untuk mengarungi musim 2024/2025.

Menurut situs transfermarkt, Idzes telah memperkuat I Lagunari di dua laga Serie A. Pemain yang kerap disapa dengan nama Bang Jay itu sempat absen di laga perdana saat melawat ke kandang Lazio yang berakhir kekalahan untuk Venezia, 3-1.

Idzes baru bermain di laga kedua kontra Fiorentina. Dipercaya main selama 68 menit, pemain kelahiran Mierlo itu sanggup menahan gempuran serangan dari pasukan La Viola dan laga berakhir dengan hasil seri 0-0.

Pemain yang resmi mengantongi paspor Indonesia pada Desember 2023 itu bermain penuh selama 90 menit saat menjamu Torino. Meski kalah, penampilan Idzes di laga itu mendapatkan acungan jempol dari berbagai pihak.

"Timnas Indonesia yang akan menghadapi Timnas Arab Saudi pada Kamis nanti, dipersenjatai dengan 10 pemain yang aktif di Eropa, termasuk dua dari lima liga besar. Kedua tim akan bertemu di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah untuk laga pertama putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia," tulis Arriyadiyah.

"Sama seperti The Green yang memanggil Saud Abdulhamid, bek sayap AS Roma, sedangkan Timnas Indonesia memanggil bek Venezia, Jay Idzes, yang berasal dari liga yang sama, Serie A." Lanjut Arriyadiyah.

Selain Idzes, Arriyadiyah juga menyoroti Justin Hubner yang kini jadi bagian skuad Wolverhampton Wanderers. Walau membela salah satu klub yang mentas di Liga Inggris, pemain berusia 20 tahun itu hanya memperkuat tim U-21.

Dari 26 nama tersebut, 10 di antaranya berkarier di Eropa. Nama-nama pemain Indonesia yang bermain di Eropa adalah: Jay Idzes (Venezia), Justin Hubner (Wolves), Sandy Walsh (Mechelen), Shayne Pattynama (Eupen), Calvin Verdonk (NEC Nijmegen), Ivar Jenner (Jong Utrecht), Nathan Tjoe-A-On (Swansea City), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Ragnar Oratmangoen (Dender).

Itulah ulasan mengenai pemain Timnas Indonesia yang berkarier di Eropa. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik