Media Italia Sebut Timnas Indonesia Hanya Pelengkap di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Media Italia Sebut Timnas Indonesia Hanya Pelengkap di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Olahraga | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 15:17
share

MEDIA Italia, La Gazzetta dello Sport menyebut Timnas Indonesia hanya pelengkap di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Media tersebut menyetarakan Indonesia selevel dengan Bahrain, dan China. 

Gazzetta menyoroti perjuangan pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini yang merupakan orang Italia. Dalam sebuah artikelnya, Gazzetta menulis, perjuangan Don Mancio – panggilan sang pelatih – bersama Arab Saudi bakalan sulit. Pasalnya, mantan pelatih Manchester City itu harus bersaing dengan Jepang dan Australia untuk mendapatkan tiket langsung ke Piala Dunia 2026. 

Di sisi lain, Gazzetta menyebut tiga tim lainnya, Indonesia, Bahrain, dan China hanyalah pelengkap Grup C. 

"Situasinya tidak akan lebih buruk lagi bagi Roberto Mancini. Arab Saudi-nya tergabung dalam grup tersulit, setidaknya di atas kertas, kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 2026, yang akan diadakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada," tulis Gazzetta dikutip dari situs resminya, Selasa (2/7/2024). 

"(Arab) Saudi dihantam oleh Jepang (tingkat pertama) dan Australia, yang paling berbahaya di tingkat kedua. China, Bahrain dan Indonesia hanya melengkapi Grup C," tambah tulisan tersebut. 

Asia dipastikan mendapat jatah delapan tempat di Piala Dunia 2026 yang kontestannya diperluas menjadi 48 tim untuk pertama kalinya. Turnamen paling bergengsi di dunia ini akan digelar bersamaan di tiga negara, Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Pada putaran ketiga yang akan dimulai pada September 2024 hingga Juni 2025, 18 kontestan dibagi menjadi tiga grup yang berisi enam tim. Dua tim teratas dari tiga grup itu akan mendapat tiket lolos ke Piala Dunia 2026. 

Sementara tim peringkat ketiga dan keempat dari masing-masing grup – total enam – akan maju ke putaran keempat yang akan dipertandingkan dalam dua grup yang terdiri dari tiga tim dalam format round robin tunggal. Sedangkan dua peringkat terbawah akan tersingkir. 

Nantinya, masing-masing juara grup (2 tim) di putaran keempat akan lolos ke Piala Dunia 2026. Sedangkan dua tim peringkat kedua akan berhadapan dalam pertandingan kandang dan tandang untuk mendapatkan hak melakoni babak Playoff Interkontinental untuk memperebutkan tempat terakhir yang tersedia. 

Drawing
Drawing
Topik Menarik