Tanpa Harus Naturalisasi, Bek Bayer Leverkusen Bisa Gabung Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong jika Tertarik

Tanpa Harus Naturalisasi, Bek Bayer Leverkusen Bisa Gabung Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong jika Tertarik

Terkini | okezone | Sabtu, 21 September 2024 - 13:41
share

TANPA harus naturalisasi, bek Bayer Leverkusen bisa gabung Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong jika tertarik. Sosok tersebut adalah Reno Munz.

Pesepakbola berusia 18 tahun itu memang tak punya darah Indonesia dari kedua orangtuanya. Sebab, ayah dan ibunya sama-sama berkewarganegaraan Jerman.

Akan tetapi, Munz diketahui lahir di Jakarta pada 2 Oktober 2005. Celah itu bisa dimanfaatkan sehingga sang pemain tak perlu dinaturalisasi.

Berdasarkan statute FIFA Artikel 7, seorang pemain yang lahir di suatu negara bisa membela negara tersebut tanpa melalui naturalisasi. Berdasarkan asas Ius Soli, Munz adalah warga negara Indonesia (WNI).

Sayangnya, Indonesia bukan termasuk negara yang menganut asas Ius Soli secara penuh. Pemberlakuannya pun terbatas hanya bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang No 12 Tahun 2006.

Berdasarkan undang-undang tersebut, Munz berstatus sebagai anak berkewarganegaraan ganda. Nah, seorang anak berkewarganegaraan ganda wajib menentukan kewarganegaraannya pada rentang usia 18-21 tahun.

Karena itu, Munz bisa menjadi WNI tanpa perlu menjalani proses naturalisasi. Ia hanya perlu menyatakan tertarik membela Timnas Indonesia untuk kemudian diberikan KTP sebagai tanda sah penduduk Indonesia.

Topik Menarik