5 Ide Wisata Kuliner Murah di Jakarta dan Sekitarnya, Mudah Diakses

5 Ide Wisata Kuliner Murah di Jakarta dan Sekitarnya, Mudah Diakses

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 06:30
share

JAKARTA, iNews.id – Jakarta merupakan wilayah metropolitan yang menyediakan pilihan kuliner murah yang tetap menggoyang lidah. Dari hidangan kaki lima hingga spot kuliner unik, kota ini menjadi surganya makanan lezat dengan harga terjangkau. 

Lokasinya mudah diakses dengan transportasi umum seperti KRL, Transjakarta, hingga MRT. Wisata kuliner bisa menjadi pilihan saat menghabiskan akhir pekan.

Berikut adalah lima destinasi wisata kuliner murah seperti dirangkum, Jumat (20/9/2024):

1. Sate Taichan Senayan

Sate Taichan Senayan di Jakarta Pusat telah menjadi ikon kuliner malam di Jakarta. Sate ayam yang unik ini disajikan tanpa bumbu kacang, melainkan dengan sambal pedas, jeruk nipis, dan lontong. 

Dagingnya yang juicy serta sambal pedasnya yang menggigit membuat sate ini jadi favorit anak muda. Dengan harga sekitar Rp25.000 per porsi, Anda bisa menikmati sensasi pedas gurih yang khas di kawasan Senayan, terutama saat malam hari.

Lokasinya bisa diakses dengan MRT atau Transjakarta. Bila menggunakan MRT bisa berhenti di Stasiun Senayan. Bila menggunakan Transjakarta bisa menggunakan rute Blok M-Kota.

2. Kuliner di Sabang

Kuliner di kawasan Sabang, Jakarta Pusat (Foto: Pemprov DKI Jakarta)
Kuliner di kawasan Sabang, Jakarta Pusat (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

Jalan Sabang, yang terletak di pusat kota, adalah salah satu tempat kuliner paling populer bagi warga Jakarta. Di sepanjang jalan ini, Anda bisa menemukan berbagai makanan murah meriah, mulai dari nasi goreng, sate, hingga martabak. 

Tempat ini ramai sejak sore hingga tengah malam, menjadikannya destinasi sempurna untuk wisata kuliner malam. Harga makanan di sini berkisar antara Rp20.000 hingga Rp40.000, tergantung menu yang Anda pilih.

Lokasinya bisa diakses dengan Transjakarta. Dari Halte Monas, pengunjung bisa berjalan sekitar 100 meter menuju Sabang.

3. Gultik Blok M (Gulai Tikungan)

Gultik Blok M bisa menjadi alternatif wisata kuliner (Foto: MPI)
Gultik Blok M bisa menjadi alternatif wisata kuliner (Foto: MPI)

Gulai Tikungan, atau yang akrab disebut Gultik, di Blok M adalah salah satu destinasi kuliner legendaris di Jakarta. Gulai sapi dengan kuah gurih disajikan dengan nasi dan kerupuk ini bisa dinikmati hanya dengan Rp15.000 per porsi. 

Berlokasi di tikungan Jalan Mahakam, Jakarta Selatan area ini selalu ramai dikunjungi para pencinta gulai, terutama pada malam hari. Sederhana namun nikmat, Gultik adalah kuliner murah yang tidak boleh dilewatkan.

Lokasinya bisa diakses dengan MRT dengan tujuan Stasiun ASEAN atau menggunakan Transjakarta tujuan Blok M.

4. Pulau Reklamasi PIK

Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) yang dikenal dengan aneka kuliner hits, kini memiliki Pulau Reklamasi PIK, yang menawarkan banyak pilihan makanan dengan harga terjangkau. Anda bisa menemukan berbagai jajanan kaki lima, mulai dari seafood hingga hidangan tradisional, di sepanjang area ini. 

Dengan pemandangan laut yang indah dan suasana yang asyik, menikmati makanan di sini semakin terasa spesial. Harga makanan di Pulau Reklamasi PIK bervariasi, namun tetap ramah di kantong, mulai dari Rp20.000 hingga Rp50.000.

Lokasinya bisa diakses dengan Transjakarta 1A rute Balai Kota-Pantai Maju PIK.

5. Kuliner di Margonda, Depok

Beragam kuliner ada di Margonda Depok (Foto: MPI)
Beragam kuliner ada di Margonda Depok (Foto: MPI)

Meski bukan di pusat Jakarta, Margonda di Depok menjadi salah satu destinasi kuliner yang selalu ramai dikunjungi. Sepanjang jalan Margonda, Anda bisa menemukan berbagai pilihan makanan murah dan lezat, mulai dari warung tenda, kafe, hingga restoran. 

Beberapa kuliner yang terkenal di kawasan ini antara lain bakso, nasi goreng, dan aneka street food. Dengan kisaran harga Rp15.000 hingga Rp30.000, Margonda menjadi destinasi kuliner favorit bagi mahasiswa dan warga sekitar.

Lokasinya bisa diakses dengan KRL. Pengunjung bisa berhenti di Stasiun Pondok Cina, Depok.

Topik Menarik