20 Contoh Kalimat Sanggahan CPNS 2024, Agar Lolos Seleksi Administrasi 

20 Contoh Kalimat Sanggahan CPNS 2024, Agar Lolos Seleksi Administrasi 

Terkini | inews | Minggu, 22 September 2024 - 11:13
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh kalimat sanggahan CPNS 2024 berikut ini bisa digunakan oleh peserta.

Terlebih untuk kamu yang dinyatakan tidak memenuhi syarat alias TMS pada seleksi administrasi kemarin. 

Bagi peserta yang ingin melakukan sanggahan terhadap hasil seleksi administrasi, bisa melakukannya pada 20-22 September 2024. 

Hal yang perlu digaris bawahi adalah masa sanggah ini bukan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan pelamar. 

Sebaiknya sampaikan kalimat sanggahan dengan kalimat yang baik, benar, dan sopan. Dengan tujuan, agar panitia bersedia untuk kembali mengecek ulang dokumen-dokumen yang telah diunduh oleh peserta. 

Lantas, seperti apa contoh kalimat sanggahan CPNS 2024 yang baik dan benar? Selengkapnya kamu bisa menyimak informasi dari iNews.id yang dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (21/9/2024), berikut ini. 

Contoh Kalimat Sanggahan CPNS 2024

1. Akreditasi Program Studi

Dengan hormat, saya telah memeriksa kembali di laman resmi BAN-PT dan menemukan bahwa akreditasi program studi sudah sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Saya mohon kesediaannya untuk melakukan pengecekan ulang. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

2. Umur Pelamar Tidak Sesuai Batas Usia

Dengan hormat, saya mohon agar dilakukan pengecekan kembali. Berdasarkan dokumen yang telah saya unggah, usia saya sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

3. Dokumen Dianggap Tidak Lengkap

Saya telah memastikan bahwa semua persyaratan seleksi administrasi telah dipenuhi dengan melampirkan dokumen asli secara lengkap. Namun, saya dinyatakan tidak memenuhi syarat karena alasan kelengkapan berkas. Mohon untuk dapat mempertimbangkan kembali situasi ini. Terima kasih.

4. Scan PDF Buram

Terima kasih kepada Bapak/Ibu verifikator yang telah memeriksa seluruh berkas saya. Mohon maaf sebelumnya, saya ingin menyampaikan bahwa saya sudah mengunggah file scan asli ijazah dalam format PDF dan ukuran yang sesuai. Setelah saya periksa, dokumen tersebut sudah benar, jelas, dan tidak buram.

Saya mohon kesediaannya untuk melakukan pengecekan ulang terhadap dokumen tersebut, dan saya berharap Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan kelulusan berkas administrasi saya. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

5. Ijazah Tidak Sesuai Persyaratan Instansi

Saya mohon maaf, namun dengan hormat ingin menyampaikan bahwa saya telah membaca persyaratan dengan cermat dan sudah mengunggah ijazah sesuai dengan ketentuan yang diminta. Saya mohon agar dapat dipertimbangkan kembali. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

6. KTP Tidak Sesuai dengan Persyaratan

Terima kasih sebelumnya kepada tim verifikator atas kerja kerasnya. Saya diberitahu bahwa KTP yang saya unggah dianggap tidak memenuhi persyaratan. Namun, dokumen yang saya kirimkan adalah asli dan sudah sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Mohon dilakukan pengecekan kembali. Terima kasih.

7. Transkrip Nilai Tidak Terunggah

Terima kasih atas informasinya. Dengan hormat, saya ingin mengajukan sanggahan. Pada saat proses pendaftaran sebelumnya, saya yakin telah mengunggah file transkrip nilai sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Saya mohon kesediaannya untuk melakukan pengecekan kembali. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

8. Kualifikasi Pendidikan Tidak Sesuai

Pendidikan terakhir saya telah memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan untuk pendaftaran. Saya mohon kesediaannya untuk memeriksa kembali. Terima kasih atas perhatiannya

9. Surat Pernyataan dan Surat Lamaran Tidak Sesuai

Saya telah memeriksa kembali dan memastikan bahwa surat pernyataan serta surat lamaran yang saya unggah sudah sesuai dengan format yang ditetapkan oleh instansi. Tidak ada penambahan atau pengurangan kalimat dalam kedua dokumen tersebut. Saya mohon kesediaannya untuk melakukan pengecekan kembali. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

10. Pakaian dalam Pasfoto Tidak Sesuai Ketentuan

Saya mohon maaf, namun dengan hormat ingin menyampaikan bahwa pasfoto yang saya unggah sudah memenuhi ketentuan, yaitu menggunakan pakaian formal dengan latar belakang merah. Saya mohon kesediaannya untuk memeriksa kembali. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

11. Berkas Foto/Scan Data/Surat Pernyataan Kurang Jelas

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Saya memohon maaf atas kelalaian saya, saya harap bapak/ibu tetap meluluskan berkas ini karena berkas yang saya unggah sudah didukung dengan berkas lainnya. Mohon diperiksa dan dipertimbangkan kembali. Terima kasih.

12. Format Surat Lamaran dan Surat Pernyataan yang Diunggah Berwarna Hitam Putih atau Fotocopy-an

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Saya memohon maaf karena kelalaian saya yang telah mengunggah beberapa berkas berwarna hitam putih atau fotocopy-an, sementara yang diminta untuk diunggah adalah berkas yang asli. Besar harapan saya untuk dapat diloloskan dalam seleksi ini, apabila tim verifikator meminta berkas yang asli, saya akan segera mengirimkan ulang dengan berkas yang asli.

13. Scan Ijazah Buram atau Tidak Terbaca

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Mohon maaf sebelumnya, saya sudah mengunggah file scan asli ijazah dalam format PDF dan ukuran yang sesuai yang dipersyaratkan. Mohon diperiksa ulang. Terima kasih.

14. Kualifikasi Pendidikan Tidak Sesuai dengan Jabatan yang Dilamar

Contoh alasan kalimat sanggah yang benar: Terimakasih Bapak/Ibu Verifikator. Kualifikasi pendidikan saya (isi dengan pendidikan terakhir) sudah sesuai dengan persyaratan. Mohon dicek kembali. Terima kasih.

15. Terdaftar Sebagai Anggota Partai Politik 

Kasus pelamar terdaftar sebagai anggota partai: "Mohon Bapak/Ibu verifikator dapat mengecek ulang, karena selama ini saya belum pernah masuk di partai politik mana pun dan tidak terdaftar juga sebagao anggota parpol, bisa saja ada kesamaan nama dengan saya. Terima kasih."

16. Menggunakan Transkrip Nilai Sementara

Kasus transkrip nilai yang diunggah transkrip nilai sementara: "Transkrip nilai yang saya unggah merupakan yang sebenarnya dari nilai akhir, bukan transkrip nilai sementara. Mohon Bapak/Ibu bisa mengecek ulang dokumen saya. Terima kasih."

17. Latar Belakang Foto Tidak Sesuai Ketentuan

"Saya sangat menghormati hasil seleksi administrasi. Namun, mohon Bapak/Ibu dapat memeriksa dan cek ulang dokumen pas foto saya, karena saya telah memenuhi ketentuan pas foto terbaru dengan pakaian formal berlatar belakang merah."

18. Tidak Mengunggah Surat Pernyataan

Kasus tidak mengunggah salah satu surat pernyataan: Surat pernyataan yang disyaratkan sudah saya unggah semuanya dan sesuai ketentuan yang diminta. Mohon Bapak/Ibu verifikator dapat mengecek kembali dokumen saya, terima kasih."

19. Dokumen Tidak Asli

Kasus dokumen dinyatakan tidak asli: "Mohon bapak/ibu bisa mengecek ulang. Saya sudah mengunggah dokumen berupa KTP/Ijazah/transkrip nilai yang asli sesuai persyaratan di instansi yang saya lamar, bukan hasil fotokopi ataupun legalisir."

20. Transkrip Nilai Belum Diunggah

Kasus transkrip nilai dinyatakan belum diunggah: "Mohon diperiksa kembali. Saya telah mengirimkan transkrip nilai pada saat pendaftaran."

Demikian ulasan mengenai contoh kalimat sanggahan CPNS 2024. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik