Pabrik Farmasi di India Meledak, 17 Orang Tewas 41 Lainnya Luka-Luka

Pabrik Farmasi di India Meledak, 17 Orang Tewas 41 Lainnya Luka-Luka

Terkini | inews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 11:30
share

NEW DELHI, iNews.id - Ledakan terjadi di sebuah pabrik perusahaan farmasi Escientia di Kawasan Ekonomi Khusus Achutapuram, Distrik Anakapalle, Negara Bagian Andhra Pradesh, India. Sedikitnya 17 orang tewas dan 41 orang lainnya terluka dalam insiden itu.

NDTV melansir, para korban luka telah dibawa ke Rumah Sakit NTR untuk mendapatkan perawatan. "Insiden itu terjadi bukan karena ledakan reaktor," kata kepala distrik setempat, Kamis (22/8/2024).

Para pejabat menduga ledakan itu dipicu oleh kebakaran yang berhubungan dengan listrik. Sekitar 380 karyawan bekerja dalam dua shift di pabrik itu.

Kecelakaan itu terjadi pada jam makan siang sekitar pukul 14.15 Rabu (21/8/2024). Gambar-gambar dari tempat kejadian menunjukkan asap mengepul dan menyelimuti desa-desa di sekitarnya.

Menteri Kepala Andhra Pradesh, N Chandrababu Naidu, berencana mengunjungi lokasi itu besok dan terus berkomunikasi dengan kepala distrik dan pejabat polisi setempat. Naidu juga telah memerintahkan penyelidikan atas ledakan di pabrik itu.

Menurut media lokal, sebanyak enam mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Sementara Pasukan Tanggap Bencana Nasional juga dipanggil untuk menyelamatkan warga.

Kepala distrik mengatakan, 13 orang yang terjebak di dalam unit tersebut telah diselamatkan.

Escientia membuat bahan kimia antara dan bahan farmasi aktif. Kegiatan produksi unit perusahaan itu di Anakapalle dimulai pada April 2019 dengan investasi sebesar 2 miliar rupee (Rp371 miliar). Unit tersebut berlokasi di area seluas 40 hektare milik Andhra Pradesh Industrial Infrastructure Corporation.

Topik Menarik