Respons PDIP usai Jokowi Buka Peluang Reshuffle Imbas Mundurnya Risma dan Pramono

Respons PDIP usai Jokowi Buka Peluang Reshuffle Imbas Mundurnya Risma dan Pramono

Terkini | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 15:22
share

JAKARTA, iNews.id - Juru Bicara PDI Perjuangan, Aryo Seno Bagaskoro menyoroti Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membuka peluang reshuffle kabinet usai Tri Rismaharini dan Pramono Anung mundur dari Kabinet Indonesia Maju (KIM). Baginya, jabatan menteri merupakan tugas negara.

PDI Perjuangan menyebut turut membantu Presiden Jokowi dalam merancang pemerintahan selama dua periode. Ia menjelaskan kader PDI- Perjuangan akan menjalani tanggung jawab hingga akhir bila ditunjuk kembali untuk mengisi kursi kabinet yang kosong.

"Artinya pada saat ditugaskan menjadi menteri, maka fungsi yang dilaksanakan adalah fungsi tugas kenegaraan, sehingga kalau misalnya kami diberikan penugasan tersebut, sebagai kader partai tentu harus melaksanakan hingga tuntas tanggung jawabnya," tutur Seno saat dihubungi, Sabtu (7/9/2024).

Kendati demikian, Seno tak mempersoalkan bila kader PDI Perjuangan yang masih duduk di kabinet harus terkena reshuffle. Pasalnya,  reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

"Silakan saja jika merasa sudah tidak memerlukan pemikiran kerja dan jasa dari para kader kami," ucap Seno.

Seno pun menjelaskan alasan dua kadernya yakni Risma dan Pramono memilih mundur dari kabinet lantaran tak ingin membagi fokus di dua tanggung jawab berbeda. 

Apalagi, Risma dan Pramono ditugaskan langsung maju di Pilkada 2024 oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri 

"Kami tidak ingin terbagi fokusnya dengan melaksanakan dua tanggung jawab sekaligus yang sama-sama penting. Maka tentu saja saat ditugaskan menjadi kepala daerah memutuskan untuk mundur, Mas Pram misalnya kemudian juga Bu Risma," ucap Seno.

Ia menjelaskan Risma dan Pramono mendapat tugas agar dapat terus turun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi yang ada. "Maka diperlukan suatu langkah yang sifatnya fokus kepada penugasan partai yang diberikan sebagai calon gubernur, maka tentu saja harus mengurus mundur dari jabatan menteri," ucap Seno.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberi sinyal segera merombak atau reshuffle kabinet dalam waktu dekat.

"Ya bisa (reshuffle dalam waktu dekat)," kata Jokowi usai meresmikan flyover Djuanda, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Jokowi telah menerima surat pengunduran diri Pramono untuk maju Pilgub Jakarta 2024. "Tapi belum saya tanda tangani," ujarnya.

Sedangkan surat pengunduran diri Risma yang mencalonkan diri di Pilgub Jawa Timur 2024 sudah ditandatangani. Bahkan Jokowi sudah menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana tugas Menteri Sosial.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa hari ini Jokowi menerbitkan Keppres Nomor 100/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Risma sebagai Menteri Sosial. Jokowi berterima kasih ke Risma atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut.

"Presiden juga menunjuk Bapak Muhajir Effendy, Menko PMK, sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang dan Tanggungjawab Mensos sampai diangkatnya Mensos definitif," kata Ari.

Topik Menarik