Kris Dayanti Mundur dari Pencalonan Wali Kota Batu Meski Diperkuat Rekomendasi PDIP

Kris Dayanti Mundur dari Pencalonan Wali Kota Batu Meski Diperkuat Rekomendasi PDIP

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 09:10
share

KOTA BATU, iNewsSerpong.id - Penyanyi dan politisi Kris Dayanti yang sebelumnya direkomendasikan oleh PDI Perjuangan untuk maju dalam Pilkada Kota Batu, Jawa Timur, telah mengumumkan pengunduran dirinya. Informasi ini disampaikan Kris melalui Instagram Story-nya.

Awalnya, Kris Dayanti mencalonkan diri sebagai Wali Kota Batu dan diusung berpasangan dengan Kresna Dewanata Phrosakh, seorang politisi dari Partai Nasdem. Rekomendasi ini dikemukakan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dalam rapat bersama Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP.

Pengunduran diri Kris Dayanti, yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI dari PDIP periode 2019-2024, diumumkan pada Kamis malam, 22 Agustus 2024. Dalam pernyataannya, ia menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Kota Batu dan Megawati Soekarnoputri.

Wali Kota Batu

"Dengan kerendahan hati, saya memohon maaf karena tidak mencalonkan diri sebagai Wali Kota Batu. Saya sampaikan permohonan maaf saya sedalam-dalamnya kepada partai PDI Perjuangan, Ibu Ketua Umum, dan masyarakat Kota Batu," ungkap Kris Dayanti dalam Insta Story-nya.

Penyebab pasti di balik keputusan mundur Kris Dayanti dari kontestasi calon kepala daerah ini masih belum diketahui.

 

Sebelumnya, Kris Dayanti telah mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Wali Kota Batu yang dilakukan oleh timnya pada 6 Mei 2024. Formulir tersebut kemudian dikembalikan secara online dan fisik oleh tim yang mewakilinya.

Selain Kris Dayanti, sejumlah nama lain juga mencuat sebagai kandidat dalam pencalonan Wali Kota Batu, di antaranya Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Dicky Sulaiman (Wakil Ketua KADIN Kota Malang Bidang Perdagangan), Arief Wicaksono (Ketua Pemuda Demokrat Malang), Bambang Ideal (mantan hakim), Asaf Yayah (Ketua PAC PDIP Junrejo), Suwito (pengacara), dan Punjul Santoso (Wakil Wali Kota Batu periode 2019-2024).

Dari keseluruhan pendaftar, empat orang telah mengembalikan formulir, termasuk Kris Dayanti dan tiga nama lainnya: Inol Ertadiansyah, Didik Gatot Subroto, dan Punjul Santoso. (*)


Kris Dayanti Mundur dari Pencalonan Wali Kota Batu. (Foto: Ist)

 

 

 

 

 

Topik Menarik