Mengintip Eksotika Pantai Imorenggo di Kulon Progo

Mengintip Eksotika Pantai Imorenggo di Kulon Progo

Travel | muria.inews.id | Senin, 1 Juli 2024 - 23:30
share

KULON PROGO, iNewsMuria.id - Meskipun belum banyak dikenal, keindahan alam Pantai Imorenggo menjadikannya destinasi yang sempurna, untuk mencari suasana santai dan damai, jauh dari kesibukan kota.

Terletak di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Imorenggo menawarkan pesona unik dengan pasir hitamnya yang memikat dan keasliannya yang masih terjaga. 

Pasir hitam inilah yang membuat Pantai Imorenggo terlihat eksotis dan berbeda dari kebanyakan pantai di wilayah Yogyakarta. 

Pasir hitam ini berasal dari material vulkanik yang terbawa arus sungai dari Gunung Merapi. 

Kontras antara pasir hitam dan birunya air laut, tercipta pemandangan yang memesona dan memberikan kesan eksotis yang khas.

Salah satu daya tarik utama Pantai Imorenggo adalah keasriannya yang masih terjaga. 

Belum banyaknya intervensi manusia membuat pantai ini tetap alami dan bersih. 

Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang murni, dengan suara deburan ombak dan angin sepoi-sepoi yang menenangkan. 

Keindahan alam ini menawarkan suasana santai dan damai, cocok untuk mereka yang ingin melepas penat dari kesibukan kota.

Meskipun masih dalam proses pengembangan, Pantai Imorenggo menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung. Di antaranya menikmati sunset sambil bermain pasir pantai. 

Sebab Pantai Imorenggo adalah tempat yang ideal untuk menyaksikan matahari terbenam. 

Cahaya matahari yang memantul di atas pasir hitam menciptakan pemandangan yang spektakuler dan romantis.

Sebagai salah satu permata tersembunyi, Pantai Imorenggo memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata unggulan di Kulon Progo. 

"Sejauh ini fasilitasnya memang masih ala kadarnya dari swadaya warga. Karena pengembangan yang lebih lanjut terhadap Pantai Imorenggo ini masih belum ada dari pemkab Kulon Progo," jelas Trianto Harjono, Kasi Pembangunan Desa Karangsewu saat ditemui pada Senin 1 Juli 2024 di sekitar Pantai Imorenggo. 

Potensi wisata ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian lokal dan memperkenalkan keindahan alam Kulon Progo, kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. 

"Semoga saja ke depan ada langkah dari pemkab untuk mengembangkan potensi wisata di Pantai Imorenggo. Sehingga tidak kalah dengan pantai-pantai lain di wilayah kulon Progo," tandas Trianto. (*)

Topik Menarik