5 Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur 400 Gram Setiap Hari, Baik untuk Pencernaan dan Kulit 

5 Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur 400 Gram Setiap Hari, Baik untuk Pencernaan dan Kulit 

Travel | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 20:46
share

JAKARTA, iNews.id - Salah satu penerapan pola hidup sehat adalah dengan menerapkan gizi seimbang dengan banyak makan sayur mayur dan buah-buahan. Menurut data World Health Organization, diperkirakan 3,9 juta kematian di seluruh dunia disebabkan oleh kurangnya konsumsi buah dan sayuran pada tahun 2017.

Maka itu, WHO merekomendasikan masyarakat mengonsumsi buah dan sayur setidaknya 400 gram setiap hari. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di BMJ menemukan, mengonsumsi buah dan sayur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker. 

Selain itu, buah dan sayur mengandung serat yang penting untuk kesehatan pencernaan. Seratnya membantu mencegah sembelit, mendukung kesehatan usus, dan dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti divertikulitis.

Dalam mendukung rekomendasi dari WHO, Halofresh juga melakukan misi menanam, menumbuhkan, memproduksi, dan memasarkan buah dan sayuran berkualitas tinggi bagi masyarakat Indonesia. Harapannya, konsumsi sayur dan buah-buahan akan semakin meningkat untuk menciptakan fisik dan pola pikir yang lebih sehat. Dan tentu saja dengan mengedepankan penelitian dan inovasi untuk menghasilkan produk- produk dengan kualitas terbaik.

Dalam memperingati HUT ke-8, Halofresh menghadirkan buah eksotis seperti buah naga kuning dan markisa ungu. "Buah naga kuning ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan yang ada di pasaran, tetapi rasanya lebih manis dan bisa langsung dikonsumsi untuk sekali makan," kata Reza Mahrizal selaku dewan direksi.

Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi buah dan sayur setiap hari? Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (3/7/2024).

1. Turunkan Risiko Penyakit Kronis

Penelitian menunjukkan asupan buah dan sayur yang tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan beberapa jenis kanker. Ini karena buah dan sayur kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah dan sayur mengandung serat yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mendukung kesehatan usus, dan dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti divertikulitis.

3. Bantu Pengelolaan Berat Badan

Buah dan sayur umumnya rendah kalori dan lemak, tetapi kaya akan nutrisi dan serat. Mengonsumsi secara teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah obesitas.

4. Tingkatkan Kesehatan Kulit

Nutrisi dalam buah dan sayur seperti vitamin E, vitamin C, dan beta-karoten dapat membantu menjaga kesehatan kulit, membuatnya tampak lebih sehat dan bercahaya.

5. Kurangi Peradangan

Banyak buah dan sayur mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko untuk berbagai penyakit kronis.

Itulah manfaat mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Cara ini penting untuk mencapai dan mempertahankan kesehatan optimal.