Peluang RI Tingkatkan Akses Energi Bersih Pakai Tenaga Surya

Peluang RI Tingkatkan Akses Energi Bersih Pakai Tenaga Surya

Terkini | okezone | Kamis, 8 Agustus 2024 - 07:46
share

JAKARTA Indonesia bisa meningkatkan akses tenaga bersih menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS ). Dengan akses energi berkualitas yang mampu menyediakan listrik selama 24 jam dengan tegangan stabil, aktivitas ekonomi dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa pada tahun 2023, lebih dari 99,78 wilayah di Indonesia telah teraliri listrik. Angka capaian ini perlu dicermati lebih lanjut untuk memastikan akses energi yang diterima masyarakat dapat memenuhi layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan serta menggerakkan aktivitas ekonomi.

Situasi geografis Indonesia yang banyak terpisah oleh bentang alam seperti area pegunungan, pesisir, ataupun kepulauan menjadi tantangan dalam penyediaan energi. Sistem energi Indonesia saat ini masih mengandalkan model penyediaan energi yang terpusat untuk kemudian disalurkan melalui jaringan transmisi.

Model penyediaan energi seperti ini memiliki risiko terganggunya seluruh sistem apabila terdapat gangguan pada salah satu bagian transmisi, seperti terjadi pada Juni 2024 di Sumatera.

Situasi Indonesia ini membutuhkan pendekatan pembangkit energi terdesentralisasi dengan memanfaatkan potensi sumber energi lokal. Pembangkit berbasis energi terbarukan seperti energi surya menjadi pilihan potensial untuk memperkuat akses energi di Indonesia karena potensinya yang mencapai 3.000-20.000 GWp.

YLKI menilai penggunaan energi terbarukan (EBT) merupakan salah satu bentuk tanggung jawab konsumen untuk mewujudkan pola konsumsi yang berkelanjutan (sustainable consumption).

Salah satu sumber EBT yang tersedia dan mudah diakses konsumen adalah energi surya, jelas Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi pada Diskusi Kelompok Terpumpun (Focused Group Discussion) PLTS, Kamis (8/8/2024).

Topik Menarik