Cerita di Balik Semburan Air Viral di Sampang, Tukang Gali Sumur Puasa 40 Hari

Cerita di Balik Semburan Air Viral di Sampang, Tukang Gali Sumur Puasa 40 Hari

Terkini | inews | Sabtu, 3 Agustus 2024 - 16:08
share

SAMPANG, iNews.id - Semburan air setinggi 20 meter di Desa Pandan, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur viral di media sosial. Air ini keluar setelah penggalian selama sebulan lebih.

Tukang bor sumur Saprawi (50) menceritakan, dia menjelankan tirakat selama proses pengeboran sumur agar menemukan mata air. Sumur air memiliki kedalaman 90 meter yang dikerjakan selama 40 hari.

"Saya berpuasa selama pengeboran berlangsung. Saya tidak makan, tidak minum tujuanya memohon kepada Allah agar sumber air cepat keluar," ujar Saprawi, Sabtu (3/8/2024)

Menurutnya, wilayah tersebut memang sulit sumber air apa lagi di musim seperti ini. Dia pun berikhtiar dan berdoa untuk menemukan sumber mata air tersebut.

"Kalo semisal yang saya bor ini tidak keluar air, malu saya, jadi saya berusaha dan berdoa," katanya.

Saprawi menjelaskan saat kedalaman di bawah 90 meter belum juga muncul air dan terus dilakukan pengeboran.

"Pas kedalaman 90 meter terdengar suara gemuruh. Saya kaget dan lari karena tiba-tiba air muncul mengangkat mesin sibel dari lubang sumur bor ke atas terbang hingga sibel tersebut rusak," ucapnya.

Sementara, Rokib (37) pemilik sumur bor menceritakan kronologi menyeburnya air sumur yang sempat membuatnya panik.

"Sekitar jam 1 malam terdengar suara ledakan disertai gemuruh. Saya panik lari ke dalam rumah dan mengevakuasi anak ke tempat yang aman," ujarnya.

Menurutnya sempat juga keluar asap dan bau aneh akan tetapi dia tidak bisa memastikan apa beraroma gas karena kondisi gelap gulita.

"Sebelum menyebur air sempat keluar asap dan berbau aneh," tuturnya

Sebelumnya viral di media sosial sebuah video yang menayangkan semburan air keluar dari lokasi pengeboran sumur. Kejadian ini membuat heboh warga Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat (2/8/2024).

Topik Menarik