Jet Tempur AS Cegat 4 Pesawat Pengebom Rusia dan China

Jet Tempur AS Cegat 4 Pesawat Pengebom Rusia dan China

Terkini | inews | Kamis, 25 Juli 2024 - 18:16
share

WASHINGTON, iNews.id - Jet tempur Amerika Serikat (AS) mencegat dua pesawat militer Rusia dan dua dari China, Rabu (24/7/2024). Lokasi pencegatan di Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Alaska.

Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD) menyatakan, pesawat yang dicegat adalah dua pesawat pengintai Tupolev Tu-95 Rusia dan dua jet tempur H-6 Rusia.

Jet tempur NORAD dari Amerika Serikat dan Kanada melakukan pencegatan tersebut, bunyi pernyataan, dikutip dari Anadolu, Kamis (25/7/2024).

NORAD menegaskan, pesawat militer Rusia dan China tak melanggar wilayah udara AS maupun Kanada. ADIZ merupakan wilayah udara untuk antisipasi, belum masuk pada teritori suatu negara. Penerapan zona pertahanan untuk memberi kesempatan kepada sistem pertahanan suatu negara untuk mengantisipasi masuknya pesawat asing.

Aktivitas pesawat militer Rusia dan China juga tidak dipandang sebagai ancaman keamanan. Meski demikian NORAD terus memantau aktivitas pesawat-pesawat lain di dekat Amerika Utara.

Sebelumnya empat jet tempur Rusia terdeteksi pada Mei, yang juga tak dianggap sebagai ancaman.

Sementara itu pemerintah China menjelaskan, pihaknya terlibat dalam latihan gabungan angkatan udara dengan Rusia.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Zhang Xiaogang mengatakan, kedua negara mengadakan patroli udara bersama ke-8 di Laut Bering.

Topik Menarik