ArtJog 2024, Seniman Cilik Jogja Louis Gilbert Yulianto Pajang 10 Karya Lukisan

ArtJog 2024, Seniman Cilik Jogja Louis Gilbert Yulianto Pajang 10 Karya Lukisan

Gaya Hidup | sleman.inews.id | Jum'at, 28 Juni 2024 - 14:10
share

YOGYAKARTA, iNewssleman.id- Festival seni kontemporer ArtJog 2024 digelar mulai hari ini di Jogja National Museum (JNM) Yogyakarta hingga 1 September 2024. Tahun ini ada program ArtJog Kids untuk menjaring talenta seniman anak-anak ikut memajang karyanya. 

Salah satu seniman cilik berbakat yang terseleksi, Louis Gilbert Yulianto. Bocah berusia 11 tahun yang duduk di kelas VI SD Jogjakarta Montessori School ini memajang 10 karya lukisan bertemakan pesawat, robot dan alam semesta. Dia akan memberikan sentuhan warna cerah sebagai ciri khas lukisannya.

"Saya suka pesawat karena menjadi alat transportasi juga bisa menjadi alat tempur, sampai mengoleksi diecast (mainan) pesawat model perang dunia sampai era modern," ujar louis yang pernah meraih penghargaan The Jury’s Choice dalam Jeune Pinceau International Young Artist Competition 2023 di Singapura itu.

Putra pertama pasangan Ferdy Adrian Yulianto dan Vista Karina Sulistyo ini juga pernah meraih penghargaan Honour Mention kompetisi seni internasional Singapore International Art Tournament (SIAT) 2024. 

Louis sangat cinta dengan pesawat dan ingin memiliki maskapai yang diberi nama Louis Airways yang dituangkan lewat karya To Infinity and Beyond. Dalam karya ini Louis melukis sosok figur robot sedang menjadi pilot pesawat, dengan posisi hormat sembari mengibarkan bendera dari balik jendela pesawat.

Figur robot-robot dalam lukisannya digambarkan seperti sedang bergulat dengan berbagai hal di alam semesta. Ada juga serial karya berupa deretan ekspresi figur robot sedang marah, tertawa, dan tersenyum.

 

Dalam tiga tahun belakangan, Louis sering mengikuti pameran di dalam dan luar negeri. Di dalam negeri,  dia pernah ikut dalam Art Exhibition “Seeing The World Through Children’s Eyes” tahun 2022 di Jogja Gallery,  Children Art Festival “Splash, Express Yourself Explore Possibility” pada 2023 di Museum Monumen Yogya Kembali.

Pendiri sekaligus Direktur ArtJog, Heri Pemad mengatakan,  ArtJog 2024 ini diikuti 48 seniman dewasa individu maupun kelompok dari dalam dan luar negeri serta 36 seniman anak dan remaja yang lolos seleksi. Adapun seniman pendaftar kategori open call tahun ini sebanyak 380 orang dari 18 kuota yang disediakan.

"Hadirnya karya-karya seniman yang terseleksi kali ini memberikan suasana baru ArtJog," kata dia.

Topik Menarik