5 Destinasi Wisata Alam dan Edukasi di Indramayu untuk Dikunjungi selama Libur Sekolah

5 Destinasi Wisata Alam dan Edukasi di Indramayu untuk Dikunjungi selama Libur Sekolah

Gaya Hidup | sindonews | Minggu, 30 Juni 2024 - 10:50
share

Indramayu tak hanya menawarkan berbagai kudapan yang menggoyang lidah, tapi juga beberapa tempat wisata alam hingga edukasi yang menarik dikunjungi. Mumpung lagi libur sekolah, Anda bisa membawa anak-anak ke sini untuk berwisata sekaligus menambah wawasan.

Diketahui, Indramayu merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang populer sebagai kota penghasil buah mangga, sehingga kerap dijuluki Kota Mangga. Daerah yang ada di utara Pulau Jawa itu juga terkenal memiliki aneka kuliner khas serta beberapa tempat wisata yang menarik dikunjungi untuk melepas penat.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Indramayu berbasis alam dan edukasi yang bisa menjadi pilihan di saat libur.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Pantai Menakjubkan di Jogja, Nomor 7 Mirip Bali

1. Pantai Dadap

Kedokanbunderwetan.digitaldesa.id

Tujuan wisata pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah Pantai Dadap. Pantai ini terletak di Desa Dadap, Kecamatan Juntiyuat. Pantai Dadap cukup menarik, berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya karena tak ditemukan hamparan pasir di sini.

Kendati demikian, Pantai Dadap tetap jadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan hari sambil menunggu sunset. Tempatnya tak begitu ramai sehingga cocok juga dijadikan lokasi untuk menenangkan diri.

2. Science Center Mutiara Bangsa

YouTube Galeri Wisata

Jika Anda mencari referensi tempat wisata selain alam, Science Center Mutiara Bangsa bisa menjadi pilihan wisata edukasi yang menyediakan wahana pendidikan dan ilmu pengetahuan teknologi dengan bangunan tertinggi di Pulau Jawa.

Tak sekadar belajar, pengunjung yang datang ke kawasan ini juga akan dimanjakan dengan hamparan Danau Bojong yang menyegarkan mata. Kalau penasaran ingin mengunjungi tempat ini, lokasinya ada di Waduk Bojongsari Sindang, Bojongsari, Kecamatan Indramayu.

3. Situs Buyut Banjar

Instagram @cirebonherritage

Menjelajahi Kota Mangga ini memang harus mengunjungi tempat dengan genre yang bervariasi. Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk mampir ke Situs Buyut Banjar.

Objek wisata edukasi bertemakan sejarah ini berada di Jl. Raya Jatibarang-Karangampel, Bulak, Kecamatan Jatibarang. Banyak masyarakat yang percaya bahwa kawasan makam ini dulu adalah tempat tinggal orang pertama yang mendiami Desa Bulak Kidul yang ada di Kecamatan Jatibarang.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Sumatera Barat yang Mirip Luar Negeri, Nomor 5 Dijuluki Grand Canyon-nya Indonesia

4. Pantai Solikin

Instagram @gungunx14

Pilihan pantai lain yang menarik untuk dijelajahi adalah Pantai Solikin. Letaknya ada di Desa Ilir, Kecamatan Kandanghaur.

Hampir serupa dengan Pantai Dadap, pada bibir Pantai Solikin juga dibangun tembok dan bebatuan dengan pemandangan perahu-perahu nelayan di pinggirannya.

5. Hutan Mangrove Karangsong

YouTubeBappeda Jabar

Hutan Mangrove Karangsong berlokasi di Desa Karangsong. Ini adalah salah satu hutan mangrove terbesar di Indonesia. Hutan ini menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna, termasuk burung, ikan, serta reptil.

Di sini, Anda dapat mengikuti wisata perahu menyusuri hutan mangrove, melihat keindahan alam, dan belajar tentang pentingnya ekosistem mangrove. Fasilitas yang tersedia di Hutan Mangrove Karangsong antara lain dermaga, gazebo, dan pusat informasi.

Topik Menarik