Mobil Biasa Lesu, Mobil Mewah Toyota Malah Laris Manis! Sultan Emang Beda!

Mobil Biasa Lesu, Mobil Mewah Toyota Malah Laris Manis! Sultan Emang Beda!

Otomotif | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 17:37
share

Penjualan mobil di Indonesia saat ini sedang mengalami penurunan. Bahkan, target penjualan 1 juta unit mobil di akhir tahun ini diprediksi akan sulit dicapai. Meski demikian, mobil mewah Toyota justru mengalami peningkatan besar sepanjang tahun ini. Kok bisa?

Seperti diketahui, pasar mobil di kelas menengah dengan harga di bawah Rp400 juta mengalami penurunan. Hal ini membuat sejumlah merek berupaya meningkatkan penjualan dengan menghadirkan promo menarik.

Meski pasar di kelas menengah menurun, namun main dealer Toyota, Auto2000, mencatatkan pertumbuhan penjualan mobil mewah. Bahkan, mereka sampai kesulitan untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat.

Chief Marketing Auto2000 Yagimin mengatakan, ada permintaan besar di mobil mewah Toyota.

Bahkan, konsumen yang merupakan para “Sultan” ini rela menunggu dengan waktu inden yang terkadang cukup lama.

“Jadi untuk beberapa model mobil mewah di bawah Rp1 miliar ada Camry. Kemudian di atas Rp1 miliar ada bZ4X, di atas Rp2 miliar ada Land Cruiser. Untuk permintaan di segmen ini justru mengalami pertumbuhan dan suplainya malah kurang,” kata Yagimin kepada wartawan, di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Sebagai informasi, salah satu model terlaris Toyota adalah Alphard Hybrid yang permintaannya cukup tinggi. Bahkan, masa indennya bisa lebih dari satu tahun.

Kendati begitu, Yagimin mengungkapkan konsumen loyal Toyota rela menunggu dan tidak beralih ke model atau brand lain.

“Kalau orang Indonesia itu senang, produk makin lama (indennya) makin hot, berarti itu produk populer. Coba kalau produk nggak mengantre, produknya nggak ada yang beli. Makin panjang antrean makin hot. Justru produk yang disukai masyarakat adalah seberapa lama orang itu mau menunggu," ujarnya.

Yagimin mengatakan bahwa konsumen Toyota tak beralih ke merek lain karena sudah memiliki kepercayaan terhadap produk yang mereka pasarkan.

Baca Juga: Toyota Akui Jualan Mobil di Indonesia Mulai Lesu, Ini Penyebabnya

Selain itu, ketersediaan spare part di seluruh wilayah Indonesia memberikan mereka ketenangan ketika mengalami masalah.

"Konsumen sudah terlalu cinta, nggak ada pilihan ya mungkin. Produk seperti Land Cruiser, 4x4, kemudian punya reputasi yang mungkin puluhan tahun dan juga memang sudah ada dan dipergunakan untuk kondisi dan area tertentu untuk segmen ini," ungkapnya.

“Banyak sih produk-produk baru yang masuk tapi rasanya Toyota ini juga masih menjadi salah satu pilihan bagi segmen customer seperti 4x4 Land Cruiser untuk kelas luxury dan Alphard MPV,"lanjutYagimin.

Topik Menarik