Penjualan Mobil Listrik Disalip BYD, Begini Reaksi Wuling

Penjualan Mobil Listrik Disalip BYD, Begini Reaksi Wuling

Otomotif | inews | Selasa, 24 September 2024 - 18:12
share

JAKARTA, iNews.id - Build Your Dreams (BYD) berhasil menyalip Wuling sebagai brand yang paling banyak menjual mobil listrik di Indonesia. Ini membuktikan persaingan kendaraan listrik di Tanah Air sangat ketat dengan banyaknya brand baru.

Berdasarkan data wholesales atau pengiriman dari pabrik ke dealer yang dikelola Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BYD mendominasi penjualan. Tiga mobil listrik yang dijual di Indonesia menempati urutan lima besar daftar mobil listrik terlaris sepanjang Agustus 2024.

Penjualan terbesar sepanjang Agustus 2024 adalah BYD Seal dengan distribusi sebanyak 1.251 unit. Disusul Atto 3 di posisi kedua dengan mencatatkan 992 unit. Chery Omoda E5 menempati posisi ketiga 449 unit. Sementara Dolphin ada di urutan keempat dengan 416 unit.

Wuling sendiri menempati urutan kelima dan keenam yang dihuni Air ev dengan distribusi sebanyak 404 unit, dan Cloud EV sebesar 340 unit. Model lainnya, Binguo EV ada di tempat ke-11 yang mencatatkan penjualan 133 unit.

Melihat hal tersebut, Wuling Motors menanggapinya dengan santai. Banyak brand yang masuk Indonesia diakuinya bagus untuk masyarakat Indonesia karena memiliki banyak pilihan mobilitas ramah lingkungan.

"Untuk Wuling Air ev market share-nya nomor lima, tetapi kalau kita lihat performa Wuling cukup stabil di Januari sampai Agustus 2024. Ini bagus buat industri dan juga konsumen. Kita meluncurkan garansi dan (program) perawatan mobil listrik," kata Marketing Operation Director Wuling Indonesia, Liu Yan di Jakarta Utara, belum lama ini.

Liu Yan juga mengatakan Wuling bukan hanya menjual mobil listrik di Indonesia, tapi juga memberikan kemudauahan kepada konsumen. Di mana saat ini mereka mengendalakan tiga model ABC, yakni Air ev, Binguo EV dan Cloud EV. 

Terbaru, mereka menambah varian Air ev Lite tipe Long Range. Mereka juga akan membangun pabrik baterai kendaraan listrik agar lebih kompetitif.   

Topik Menarik