Dirancang untuk Medan Berat, Intip Perbedaan Mesin Mitsubishi Triton Lawas dan Baru

Dirancang untuk Medan Berat, Intip Perbedaan Mesin Mitsubishi Triton Lawas dan Baru

Otomotif | inews | Selasa, 24 September 2024 - 09:56
share

JAKARTA, iNews.id - Mitsubishi telah melakukan penyegaran pada mobil pikap double cabin Triton. Salah satunya adalah dengan menyematkan mesin baru.

All New Triton dibekali mesin diesel turbo baru 2.4L 4N16 Euro-4. Sebelumnya, mobil ladder frame ini menggedong engine 4N15 dan 4D56.

Apa perbedaannya mesin Triton lawas dengan yang baru? Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Hikaru Mii mengatakan, mesin diesel turbo 4N16 Euro-4 memiliki tenaga maksimal 184 PS/135 km dan torsi 430 Nm. 

Mobil ini juga dilengkapi kemampuan 4x4 untuk dikendarai di berbagai medan dengan ground clearance mencapai 222 mm. "Mesin baru tersebut mampu mendongkrak fungsionalitas Mitsubishi Triton di medan-medan berat yang jadi makanannya, seperti di perkebunan dan tambang," ujarnya, dalam press conference, belum lama ini. 

Dia menuturkan, berbeda dengan Mitsubishi Triton sebelumnya, mesin 4N16 diberikan untuk seluruh varian Mitsubishi Triton dari yang terendah hingga tertinggi. Meski satu mesin, tenaga dan torsi maksimal di setiap varian berbeda. Ini untuk menyesuaikan kebutuhan di setiap varian. 

"Mesin 4N16 memiliki banyak kelebihan dibanding mesin 4N15. Pertama bentuk bagian atas piston 4N16 sudah disempurnakan, membuatnya lebih ringan, lebih minim gesekan, dan mampu meningkatkan performa pendinginan di combustion chamber," kata Hikaru Mii.

Rifat Sungkar, pereli nasional yang telah menjajal mobil ini menilai, mesin 4N16 punya perbedaan di supply pump dan injector, bentuk inlet yang lebih optimal, dan penggunaan variable oil control valve. Kombinasi tersebut membuat mesin 4N16 lebih potensial secara kinerja, terutama torsi besar di putaran lebih rendah membuat mobil lebih cekatan berakselerasi di start awal dengan beban penuh.

"Kelebihan dari mobil adalah mapping ECU, jadi mapping ECU adalah karakter utama, seperti fuel filter dan injektor kita belajar dari 4N15. Kalau 4D56 itu sudah dipakai 36 tahun, dan transisinya di 4N15 berhasil di Pajero Sport dan Triton sebelumnya. 4N16 ada banyak highlight, VGT-nya bisa melakukan banyak variasi tenaga," ujarnya.

Rifat menjelaskan, 4N16 juga pakai timing chain bukan timing belt, kekuatan dari mesinnya supaya enggak ada miss tenaga menggunakan timing belt jadi keberlanjutan mesin lebih baik. Untuk mengantisipasi kualitas bahan bakar, antisipasi injektor sudah disesuaikan serta fuel filter dengan SOP perawatan berkala yang telah ditetapkan, ini bermanfaat buat bisnis tambang.

Triton terbaru punya tiga horsepower berbeda, yaitu 110, 150, dan 184. Pada varian Ultimate, mode penggerak roda dapat dioperasikan menggunakan Super Select-II yang menawarkan 7 drive mode melalui selector dial pada kecepatan di bawah 100 km/jam. Sementara pada varian lainnya, mode penggerak roda dapat dioperasikan dari 2WD (2H) hingga 4WD (4H, 4L). 

Topik Menarik