PO Harapan Jaya Rilis Bus Double Decker Baru Tanpa Gambar Kuda, Ada Kelas Kursi Rebahan

PO Harapan Jaya Rilis Bus Double Decker Baru Tanpa Gambar Kuda, Ada Kelas Kursi Rebahan

Otomotif | inews | Selasa, 24 September 2024 - 09:06
share

JAKARTA, iNews.id - PO Harapan Jaya merilis bus double decker terbaru dari karoseri Laksana. Armada anyar tersebut memiliki empat kelas atau kasta berbeda yang memberikan pilihan bagi calon penumpang.

Bus terbaru PO Harapan Jaya menggunakan bodi Legacy SR3 Neo Double Decker - Combi. Konsep bus ini sudah dipamerkan dalam ajang GIIAS 2024, di ICE BSD City, Tangerang, pada Juli lalu.

Namun, saat itu bus tingkat ini menggunakan warna putih polos tanpa livery dan logo perusahaan otobus (PO). Diyakini itu milik PO bus Harapan Jaya yang saat ini sudah bergerak menuju pool di Tulungagung, Jawa Timur.

Terlihat dari unggahan di akun Instagram karoseri Laksana, bus baru PO Harapan Jaya akan melayani trayek Surabaya-Jakarta. Bus ini juga menggunakan sasis premium yang diklaim dapat memberikan kenyamanan pada penumpang.

Secara tampilan, tidak ada yang aneh pada bus tersebut karena menggunakan corak warna khas PO Harapan Jaya. Tapi, armada ini tidak dilengkapi dengan gambar delapan kuda yang sedang berlari yang menjadi identitas mereka.

Masuk ke bagian dalam, pada dek bawah terdapat kursi first class dengan kursi yang lebar berjumlah delapan berkonfigurasi 2-2. Terdapat tambahan leg rest dan arm rest yang dapat memanjakan penumpang sepanjang perjalanan.

Terdapat dua kabin sleeper bagi penumpang yang suka rebahan di lantai pertama yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti TV besar, USB, stop kontak, cup holder, dan masih banyak lagi. Ini menjadi kelas utama pada armada baru PO Harapan Jaya.

Naik ke deck atas, terdapat kelas eksekutif dengan kursi dengan tambahan leg rest di bagian depan. Tapi, tidak ada ruang penyimpanan sandal atau sepatu pada leg rest tersebut.

Keunikan bus terbaru PO Harapan Jaya terdapat pada bagian belakang lantai atas, di mana terdapat kabin khusus sleeper class seperti bus-bus suites combi. Kabin ini berada tepat di belakang kabin reguler.

Ada delapan kursi sleeper dengan konfigurasi bertumpuk empat-empat di kanan dan kiri. Terlihat kabin ini juga memiliki lantai yang lebih rendah dari kabin kursi reguler untuk memaksimalkan ruang sleeper.

PO Harapan Jaya menamakan kabin sleeper ini dengan kelas Grand Suites. Penumpang yang memiliki kelas ini akan mendapatkan fasilitas layar AVOD untuk hiburan sepanjang perjalanan. Selain itu, ada juga kamera CCTV untuk keamanan.

Sasis bus ini menggunakan Volvo B11R - 450HP (I-Shift) Euro 5 yang menopang mesin D11, 6 silinder segaris, berkapasitas 11.000 cc. Jantung pacu tersebut dapat menghasilkan tenaga 450 hp pada 2.150 rpm dan torsi puncak 370 Nm pada pada 1.750 rpm.

Topik Menarik