Posisi Digeser BYD, Begini Tanggapan Wuling

Posisi Digeser BYD, Begini Tanggapan Wuling

Otomotif | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 16:08
share

BYD (Build Your Dreams) berhasil menyalip Wuling sebagai brand yang paling banyak menjual mobil listrik di Indonesia. Ini membuktikan bahwa persaingan kendaraan listrik di Tanah Air sangat ketat dengan banyaknya brand baru yang hadir.

BACA JUGA - Volkswagen Mulai Khawatir dengan Produsen Mobil Listrik China

Berdasarkan data wholesales atau pengiriman dari pabrik ke dealer yang dikelola oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BYD mendominasi penjualan. Tiga mobil listrik mereka yang dijual di Indonesia menempati urutan lima besar daftar mobil listrik terlaris sepanjang Agustus 2024.

Penjualan terbesar sepanjang Agustus 2024 adalah BYD Seal dengan distribusi sebanyak 1.251 unit. Disusul Atto 3 di posisi kedua dengan mencatatkan 992 unit. Sementara Dolphin ada di urutan keempat dengan 416 unit.

Wuling sendiri menempati urutan kelima dan keenam, yang dihuni oleh Air ev dengan distribusi sebanyak 404 unit, dan Cloud EV sebesar 340 unit. Model lainnya, BinguoEV, ada di tempat ke-11 yang mencatatkan penjualan 133 unit.

Melihat hal tersebut, Wuling Motors menanggapinya dengan santai. Banyaknya brand yang masuk Indonesia diakuinya bagus untuk masyarakat Indonesia karena memiliki banyak pilihan mobilitas ramah lingkungan.

"Untuk Wuling Air ev market share-nya nomor lima, tetapi kalau kita lihat performa Wuling cukup stabil di Januari sampai Agustus 2024. Ini bagus buat industri dan juga konsumen. Kita meluncurkan garansi dan (promo) perawatan mobil listrik," kata Liu Yan, Marketing Operation Director Wuling Indonesia, di Jakarta Utara, belum lama ini.

Liu Yan juga mengatakan Wuling bukan hanya menjual mobil listrik di Indonesia, tapi juga menawarkan kemudahan bagi konsumennya. Misal, garansi seumur hidup untuk komponen mobil listrik, seperti baterai, motor penggerak, dan controller.

Topik Menarik