Ketum KONI Pusat Tinjau Langsung Persiapan PON 2024 di Aceh, Ini Hasilnya

Ketum KONI Pusat Tinjau Langsung Persiapan PON 2024 di Aceh, Ini Hasilnya

Olahraga | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 15:46
share

BANDA ACEH, iNews.id- Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, meninjau persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 di wilayah Aceh. Dia pun menyebut rata-rata pembangunan venue sudah mencapai 97 persen.

Peninjauan tersebut dilakukan oleh Marciano pada Selasa (27/8/2024). Dia ditemani oleh Pejabat Gubernur Provinsi Aceh, Safrizal.

Dalam pertemuan itu, Marciano melakukan peninjauan ke berbagai venue pertandingan PON 2024 yang berada di wilayah Aceh. Selain itu, dia juga membicarakan soal persiapan lainnya menjelang upacara pembukaan yang akan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada 9 September mendatang.

Marciano pun mengungkapkan bahwa sejauh ini persiapan yang dilakukan Aceh sebagai tuan rumah berjalan apik. Rata-rata pembangunan venue sudah mencapai 97 persen, bahkan arena pertandingan rugby sudah rampung dan siap digunakan untuk PON 2024, yang berlangsung pada 9-20 September.

“Intinya kami membahas segala persiapan Aceh sebagai tuan rumah. Kami sama-sama meninjau venue pertandingan. Tadi kami melihat venue rugby sudah dipastikan clear dan siap digunakan,” kata Marciano dilansir dari laman resmi PON, Rabu (28/8/2024).

“Progresnya berjalan dengan baik. Panitia telah membuktikan kerja kerasnya. Hasilnya bisa kita lihat, venue rugby sudah siap untuk digunakan. Begitu pula dengan venue-venue lainnya yang pembangunannya sudah mencapai 97 persen,” tambahnya.

Pertandingan cabang olahraga (cabor) rugby pada PON 2024 akan digelar di dua venue berbeda di Aceh. Venue untuk Rugby X berlokasi di Lambung, Banda Aceh, sementara Rugby 7 akan diadakan di Stadion Mini USK Darussalam, Banda Aceh. 

Sebagai informasi, Aceh akan menjadi tuan rumah PON 2024 bagi 33 cabang olahraga (cabor) yang mempertandingkan 42 disiplin dan 510 nomor pertandingan. Diperkirakan sebanyak 5.636 atlet dan 2.752 ofisial akan hadir di Aceh saat PON 2024. 

Begitu pula di Sumut, yang merupakan tuan rumah bagi 34 cabor yang menggelar pertandingan pada 46 disiplin dan 528 nomor. Bakal ada 6.281 atlet serta 3.140 ofisial yang berada di Sumut dalam pagelaran PON tahun ini. 

Sekretaris Umum PB PON Wilayah Aceh, Nasir Syaumun, pun menyinggung soal pesan Marciano mengenai pemanfaatan dan perawatan stadion pasca PON 2024 berlangsung. Dia menegaskan bahwa pihaknya sudah membuat program untuk pemberdayaannya.

“Tentu ini akan menjadi tanggung jawab kami. Tapi, kami juga telah membuka pintu dengan pihak swasta untuk sama-sama menjaga dan merawatnya sehingga venue-venue yang telah dibangun dapat digunakan sebagaimana mestinya,” pungkas Nasir.

Topik Menarik