Efek MotoGP Mandalika 2024, Penumpang Internasional di BIL Naik 14 Persen Dibandingkan Hari Normal

Efek MotoGP Mandalika 2024, Penumpang Internasional di BIL Naik 14 Persen Dibandingkan Hari Normal

Olahraga | lombok.inews.id | Sabtu, 28 September 2024 - 14:00
share

LOMBOK, iNewsLombok.id - Jumlah penumpang internasional di Bandara Internasiona Lombok (BIL) meningkat 14 persen dibanding kondisi normal sepanjang 25-27 September 2024 dikutip dari IDXCHANNEL.COM, Sabtu (28/9/2024). Peningkatan tersebut merupakan dampak dari gelaran MotoGP Mandalika 2024 yang digelar di Pertamina Mandalika International Circuit pada 27-29 September.

Stakeholder Relation Department Head Bandara Lombok Arif Haryanto mengatakan, rata-rata pergerakan penumpang internasional tiga hari terakhir atau periode 25-27 September tahun ini mencapai 893 per hari. 

“Peningkatan penumpang internasional 14 persen. Pergerakan penumpang internasional tiga hari terakhir sebanyak 893 per hari,” ujar Arif kepada IDX Channel di Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (28/9/2024).

Arif menambahkan, pergerakan penumpang domestik juga naik 11 persen dibandingkan kondisi normal. Dia menyebut, rata-rata penumpang lokal tiga hari terakhir berada di posisi 7.379 per hari di bandara yang juga dikenal dengan nama Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid itu.

Jika penumpang domestik dan internasional digabung, maka jumlahnya mencapai 8.271 penumpang. Angka ini naik 11 persen dibandingkan pergerakan normal. 

Berdasarkan pantauan IDX Channel, penumpang domestik mendominasi terminal kedatangan Bandara Lombok pada Jumat (27/9/2024). Namun pada Sabtu ini, penumpang internasional alias wisatawan mancanegara mulai memadati terminal bandara.

Mereka datang ke Lombok untuk menonton MotoGP di Mandalika. Salah satu wisatawan asal Jepang, Aoi Yanese menceritakan pengalaman perdananya datang ke Lombok bersama rekannya, Maine Hoppo. 

 

Aoi mengungkapkan, kunjungan ini menandai untuk pertama kalinya dia menonton MotoGP di luar Jepang. Aoi mengaku antusias mendukung tim Pertamina Endura VR46 Racing Team yang terlihat dari jersey yang dikenakannya.

"Saya adalah fans berat salah satu pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team yaitu Fabio Di Giannantonio. Saya sangat senang dan tak sabar bisa melihat secara langsung penampilannya di gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika,” katanya.

Sementara itu Rika, turis asal Australia yang datang bersama suaminya merasa spesial bisa datang ke Lombok untuk menonton gelaran balap motor internasional tersebut.

"Saya datang khusus untuk melihat gelaran MotoGP di Indonesia, karena saya merupakan fans MotoGP. Saya merasa gelaran di Mandalika ini memiliki nuansa yang berbeda, ada kombinasi menonton MotoGP sekaligus dengan berlibur," kata Rika.

Topik Menarik