Ini Cara Jenius Timnas Indonesia Bungkam Taktik Licik China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Ini Cara Jenius Timnas Indonesia Bungkam Taktik Licik China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Olahraga | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 06:39
share

JAKARTA, iNews.id - Timnas Indonesia punya cara jenius untuk membungkam taktik licik China di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Timnas Indonesia tergabung dalam Grup C bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, dan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga. Skuad Garuda akan menjalani laga tandang dan kandang di babak tersebut.

Perjuangan Timnas Indonesia jelas akan sangat panjang, menantang, dan pastinya menguras energi. Terutama saat Pratama Arhan dan kolega dijadwalkan bertandang melawan Bahrain pada 10 Oktober 2024.

Kemudian lima hari berselang, Marselino Ferdinan cs akan langsung menatap laga kontra China di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, pada lima hari berselang.

Federasi Sepak Bola China sengaja menunjuk Qingdao Youth Football Stadium jadi veneu pertandingan tersebut. Tampaknya itu menjadi taktik mereka untuk membuat pemain Indonesia lelah.

Sebab tidak ada penerbangan langsung dari Bahrain ke Qingdao. Tim asuhan Shin Tae-yong itu harus menempuh perjalanan panjang untuk ke sana.

Ketika nanti pertandingan Timnas Indonesia melawan China dan Bahrain, itu jarak tempuhnya cukup menarik dan tentu meletihkan. Ketika timnas harus terbang dari Jakarta ke Bahrain, lalu malamnya habis tanding langsung berangkat ke China, jaraknya sendiri enam setengah jam dari Beijing dan udaranya dingin sekali, kata Erick, Jumat (23/8/2024).

Kita tahu Bahrain tidak sedingin udara di China pada saat bulan itu. Tentu ini salah satu faktor yang bisa mengganggu persiapan ketika pemain kita kelelahan atau cedera. Karena jumlah pemain kita belum cukup dua kali 11, artinya ketika ada pemain yang cedera langsung bisa tergantikan, itu belum cukup, ujarnya.

Menyiasati itu, PSSI mencarter pesawat dari Bahrain langsung ke China. Erick menegaskan langkah ini dilakukan bukan untuk memanjakan Shin Tae-yong dan pasukannya.

Ini juga bukan suatu kemewahan. Melainkan kata dia, ini memang menjadi suatu keharusan bagi PSSI karena ingin punggawa Skuad Garuda tampil dengan kondisi terbaik.

Ini ada carter pesawat dari Bahrain ke China karena tidak ada connecting langsung, kita harus cari akal. Ini bukan memanjakan coach Shin atau pemain, ini keharusan mempersiapkan pemain kita sebaik mungkin, ujar Erick.

Ini bukan kemewahan, dan saya rasa tidak semua perjalanan timnas carter pesawat. Ini bagian memaksimalkan performa kita, kita punya mimpi yang sama. Kemarin Olimpiade kita hampir, kita usahakan piala dunia jangan sampai nanti hanya hampir, kalau bisa maksimal, terangnya.

Perjuangan Timnas Indonesia akan dimulai dengan bertandang ke markas Arab Saudi di King Abdullah Sports City pada 6 September 2024. Kemudian menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 10 September 2024.

Topik Menarik