Hasil UFC 302: Tumbangkan Dustin Poirier, Islam Makhachev Lampaui Rekor Khabib Nurmagomedov

Hasil UFC 302: Tumbangkan Dustin Poirier, Islam Makhachev Lampaui Rekor Khabib Nurmagomedov

Olahraga | inews | Minggu, 2 Juni 2024 - 12:43
share

NEW JERSEY, iNews.id Islam Makhachev sukses menumbangkan Dustin Poirier untuk mempertahankan sabuk kelas ringan (lightweight) UFC pada UFC 302 di Prudential Center, New Jersey, Amerika Serikat, Minggu (2/6/2024) pagi, Minggu (2/6/2024) pagi WIB.

Makhachev mengalahkan Poirier melalui kuncian D'Arce pada akhir ronde kelima. Poirier dibuat menyerah dan Makhachev pun melampaui rekor Khabib NUrmagomedov karena kini dirinya mengoleksi total 14 kemenangan berturut-turut di kelas ringan (lightweight) UFC.

Duel Makhachev vs Poirier berlangsung sengit sejak detik pertama. Kedua petarung mati-matian bertarung di oktagon guna memperebutkan sabuk tersebut.

Sejak awal pertarungan, Makhachev langsung menekan Poirier dan melancarkan serangan secara bertubi-tubi. Beberapa pukulan darinya bahkan mendarat di wajah Poirier.

Duel baru berlangsung satu menit, Makhachev mampu menjatuhkan Poirier ke kanvas dan berusaha untuk mengakhiri pertarungan dengan cepat. Namun, Poirier masih mampu bertahan dari serangan-serangan dan percobaan kuncian yang dilancarkan Makhachev.

Pada awal ronde kedua, Makhachev lagi-lagi langsung berusaha untuk melakukan takedown ke Poirier dan membawa pertarungan menuju ground game. Namun, sang penantang mampu menghalaunya dan memaksa Makhachev untuk beradu pukulan dan tendangan.

Setelah itu, ronde kedua berlangsung cukup sengit dengan kedua petarung yang bergantian mendaratkan pukulan ke wajah lawannya. Makhachev baru berhasil membawa Poirier jatuh ke kanvas pada sisa sepuluh detik di ronde kedua, tetapi tak ada hal signifikan yang terjadi setelah dirinya menjatuhkan Poirier.

Makhachev kembali menekan Poirier pada awal ronde ketiga. Bahkan, dia sempat mendaratkan lututnya ke wajah Poirier sebelum akhirnya membawa sang penantang jatuh ke kanvas.

Makhachev memosisikan dirinya dengan baik dengan ground game-nya saat ronde ketiga masih tersisa sekitar tiga menit. Akan tetapi, Poirier mampu terlepas dari kuncian sang juara bertahan dan bangkit saat ronde ketiga menyisakan dua menit.

Dalam sisa dua menit tersebut, Poirer berusaha untuk berbalik menyerang dengan pukulan-pukulannya yang akurat. Dia terlihat berapi-api menjelang berakhirnya 15 menit pertama duel ini.

Dustin Poirier bertahan dengan baik dari tekanan dan percobaan Makhachev yang ingin menjatuhkannya pada ronde keempat. Sang penantang bahkan mampu membuat wajah Makhachev mengucurkan darah dari bagian pelipis pada ronde ini.

Makhachev dan Poirier kembali bertarung secara sengit pada ronde terakhir duel perebutan sabuk kelas ringan (lightweight) UFC. Kedua petarung yang sudah bersimbah darah bergantian memukul satu sama lain dalam sisa lima menit terakhir.

Pada akhirnya, Makhachev keluar sebagai pemenang dan sukses mempertahankan gelarnya setelah kuncian D'Arce yang dilakukannya tak mampu dihalau Poirier. Sang penantang dipaksa menyerah dan sekali lagi harus rela mimpinya menjadi juara gagal terlaksana.

Ini menjadi kali ketiga Makhachev sukses mempertahankan sabuknya sejak mendapatkannya pada 2022 lalu. Sebelumnya, petarung yang dekat dengan Khabib Nurmagomedov itu sudah terlebih dahulu mengalahkan Alexander Volkanovski dua kali berturut-turut.

Keberhasilan Makhachev mempertahankan gelarnya sebanyak tiga kali ini juga membuatnya kini memiliki rekor yang sama dengan Khabib. Kini, dia hanya butuh mempertahankan gelarnya satu kali lagi untuk bisa melampaui pendahulunya itu.

Namun, ada satu rekor Khabib yang sukses dilewati Makhachev hari ini, yakni rekor total kemenangan beruntun. Sebelum duel kontra Poirier, Makhachev dan Khabib sama-sama mengoleksi total 13 kemenangan berturut-turut dan kini Makhachev mencatatkan total 14 kali menang berturut-turut di UFC.

Topik Menarik